MSPORTS – Alpine telah mengumumkan timnya akan mempromosikan pembalap muda berbakat Oscar Piastri, pada Selasa (2/7) malam WIB sebagai pengganti Fernando Alonso pada tahun depan.

Piastri akan naik kelas dari perannya sebagai reserve driver menjadi pembalap utama usai Alonso pindah ke Aston Martin menyusul pensiunnya Sebastian Vettel.

Pengumuman ini terhitung cepat setelah hengkangnya Alonso meninggalkan kursi kosong di Alpine yang akan diisi oleh Piastri yang masih berusia 21 tahun.

Piastri sudah diharapkan akan mendapatkan tempat di Formula 1 awal tahun ini setelah juara Formula 2 di musim debutnya pada 2021. Namun ia hanya menjadi pembalap cadangan di tim asal Prancis tersebut.

Sebelumnya pembalap asal Australia tersebut juga juara di Formula 3 di musim debutnya pada 2020.

“Sebagai bagian dari perjalanan di F1, Oscar pertama kali dipromosikan menjadi Reserve Driver di awal musim 2022 dan sejak saat itu berada di bawah arahan tim dan didukung secara finansial, menjalani program latihan tes privat yang komprehensif dan intensif dengan mobil A521, mobil Alpine 2021, dukungan balapan dan sesi simulator untuk menyiapkan langkah besarnya ke F1,” tulis Alpine dalam pernyataannya, dikutip dari situs resmi F1.

“Alpine kini menantikan melihat babak selanjutnya dalam karier F1 bersama Esteban Ocon.”

Smeentara itu, tim principal Otmar Szafnauer, mengatakan, “Oscar adalah talenta yang langka dan cemerlang. Kami bangga telah membinanya dan mendukungnya dalam waktu yang sulit di balapan junior.”

“Selama kolaborasi kami selama empat tahun, kami telah melihatnya berkembang dan dewasa menjadi pembalap yang lebih dari mampu untuk melangkah ke Formula 1.

“Sebagai Reserve Driver kami dia telah terpapar tim di lintasan, pabrik, dan tes di mana dia telah menunjukkan kedewasaan, janji, dan kecepatan untuk memastikan promosinya ke kursi kedua kami bersama Esteban.”

“Bersama, kami percaya dua pembalap akan memberikan keberlangsungan yang kami perlukan untuk meraih target jangka panjang kami untuk bersaing mendapatkan kemenangan dan di kejuaraan.”

Namun tak lama setelah pengumuman ini, Piastri membantah dirinya akan balapan bersama Alpine pada musim depan. Ia mengatakan belum menandatangani kontrak apapun dengan timnya.