MSPORTS – Andy Murray meraih kemenangan atas Thanasi Kokkinakis dalam babak kedua Australian Open 2023 dengan skor 4-6, 6-7, 7-6, 6-3, dan 7-5, Kamis (19/1/2023).

Namun, bukan hasil yang menjadi sorotan utama dalam laga ini melainkan durasinya. Pertandingan yang berlangsung 5 jam 45 menit ini selesai sekitar pukul empat subuh keesokan harinya waktu Melbourne.

Dilansir dari Sky Sports, pertandingan ini pun menjadi yang terlama dalam karier Murray, pertandingan terlama kedua dalam sejarah Australian Open, serta pertandingan ketiga terlarut dalam sejarah tenis.

Murray yang berasal dari Skotlandia pun menyampaikan kritik kepada dunia tenis karena masih terus menggelar pertandingan pada waktu yang terlalu malam.

“Saya tidak tahu ini untung untuk siapa. Alih-alih berakhir semacam ‘pertandingan epic Murray-Kokkinakis’, ini berakhir sebagai sebuah lelucon,” ungkapnya dikutip Sky Sports.

“Luar biasanya, orang-orang bertahan sampai akhir dan saya mengapresiasi mereka yang melakukannya serta menciptakan atmosfer untuk kami. Beberapa orang jelas harus bekerja keesokan harinya,” lanjutnya.

“Namun, jika anak saya adalah ‘ball kid’ untuk turnamen ini dan mereka pulang ke rumah pada jam lima pagi, sebagai orang tua, saya akan menegurnya. Ini tidak menguntungkan mereka. Ini tidak menguntungkan wasit, perangkat pertandingan. Saya pikir, ini juga tidak bagus untuk penggemar. Ini tidak bagus untuk pemain,” tegas pemain berusia 35 tahun tersebut.

“Kit telah membicarakannya sepanjang waktu. Ini telah dibicarakan untuk bertahun-tahun. Ketika anda memulai pertandingan larut dan mendapat kondisi seperti itu, situasi seperti ini akan terjadi,” pungkasnya.