MSPORTS – Aston Martin mengumumkan pada Senin (1/8/22) bahwa mereka telah merekrut Fernando Alonso dengan kontrak multi-tahun untuk musim depan.

Pembalap yang kini membela Alpine tersebut dipilih untuk menggantikan Sebastian Vettel yang telah mengumumkan akan pensiun dari Formula 1 pada akhir musim ini.

Keputusan ini diambil oleh Aston Martin karena yakin dengan kemampuan juara dunia dua kali tersebut dalam membawa tim menjadi kompetitif.

“Saya telah mengenal dan mengagumi Fernando selama beberapa tahun dan selalu tampak jelas bahwa dia adalah pemenang yang berkomitmen seperti saya,” kata Ketua Eksekutif Aston Martin, Lawrence Stroll.

“Tampaklah natural untuk mengundang Fernando menjadi bagian dari pengembangan tim pemenang. Kami telah menyepakati dalam pembicaraan terbaru bahwa kami memiliki ambisi dan nilai yang sama,” ujar Stroll.

Mike Krack yang merupakan Kepala Tim menambahkan: “Kami dalam perjalanan untuk menciptakan organisasi pemenang dan jelas bahwa Fernando akan mempercepat perkembangan kami dan membawa kepada kami penampilan yang bisa membuat bangga.”

Poin ini pula yang menjadi faktor bagi pembalap asal Spanyol ini dalam menerima tawaran tersebut.

“Tim Aston Martin jelas menerapkan energi dan komitmen untuk menang dan oleh karenanya merupakan salah satu tim paling menggairahkan di Formula One hari ini,” katanya.

“Tidak ada tim di Formula One hari ini yang menampilkan visi lebih besar dan komitmen untuk menang yang helas. Dan itu membuat ini menjadi kesempatan yang menggairahkan untuk saya,” pungkas Alonso.