MSPORTS – Taylor Fritz berhasil memastikan tiket ke semifinal usai mengalahkan Felix Auger-Aliassime 7-6(4) 6-7(5) 6-2 di ATP Finals yang digelar di Turin, Italia, Jumat (18/11) dini hari WIB. Sementara itu, Rafael Nadal yang sudah dipastikan gagal ke empat besar, berhasil menutup ATP Finals dengan kemenangan atas Casper Ruud.

Fritz dan Auger-Aliassime yang sama-sama telah meraih satu kemenangan di partai sebelumnya, berduel untuk mendapatkan tempat di semifinal menemani Ruud di puncak Green Group.

Dua pemain tersebut gagal berhasil mempertahankan servis dan memaksa set pertama masuk ke babak tie break. Fritz kemudian berhasil unggul 4-2, sebelum menutup set pertama dengan kemenangan.

Pada set kedua kembali melalui babak tie break. Auger-Aliassime kemudian memanfaatkan kesalahan Fritz yang melakukan double fault dan memaksa pertandingan ke set penentuan.

Namun Fritz kembali bangkit. Saat game panjang 3-2, pemain asal Amerika Serikat tersebut berhasil mematahkan servis Auger-Aliassime.

Fritz kembali membuka peluang di game terakhir saat Auger-Aliassime gagal mempertahankan servisnya untuk lolos ke babak semifinal.

“Ini partai yang berat, tidak ada yang memiliki kesempatan di awal,” kata Fritz.

“Saya tidak boleh frustrasi, harus mengulang dari awal. Saya merasa di set ketiga akan mendapatkan break point.”

Dengan hasil ini, Fritz dan Ruud melaju ke babak semifinal dari Green Group. Fritz akan menghadapi Novak Djokovic di semifinal.

Pada pertandingan sebelumnya, Rafael Nadal yang sudah tereliminasi berhasil mengalahkan Casper Ruud dengan skor 7-5 7-5.

Nadal yang kalah dua kali beruntun dari Fritz dan Auger-Aliassime, berhasil menutup turnamen akhir tahun ini dengan kemenangan.

Pemegang rekor 22 Grand Slam ini sempat menghadapi break poin, sebelum menang 7-5 di set pertama.

Pada set kedua, Ruud yang merupakan semifinalis Roland Garros dan US Open tahun ini sempat menyelamatkan match point, namun akhirnya menyerah dengan skor sama 7-5.

“Saya telah latihan dengan baik, tetapi tidak cukup pertandingan untuk berada di level yang saya perlukan, tidak cukup keyakinan setelah enam bulan yang sulit,” kata Nadal.

“Setidaknya saya mengakhiri dengan kemenangan positif, itu penting.”

Ruud yang berhasil melaju ke semifinal sebagai juara di Green Group, akan menghadapi pemenang antara Stefanos Tsitsipas dan Andrey Rublev yang memperebutkan runner-up Red Group.