MSPORTS – Andy Murray berhasil melaju ke putaran ketiga Australian Open 2023 usai menang dramatis dalam lima set atas Thanasi Kokkinakis, Kamis (19/1) sore WIB.

Petenis asal Britania Raya ini menang setelah tertinggal di dua set pertama dengan skor 4-6 6-7 (4-7) 7-6 (7-5) 6-3 7-5. Partai ini berlangsung selama 5 jam 45 menit, partai terpanjang dalam kariernya.

Selain itu, petenis berusia 35 tahun ini mengakhiri pertandingan hingga pukul 4 dini hari waktu setempat. Kemenangan ini juga membuatnya meraih hasil terbaik di Australian Open dalam enam tahun terakhir.

Bermain di Margaret Court Arena, Kokkinakis yang merupakan pemain asal Australia ini tampil dominan dengan servis dan forehand kerasnya.

Namun Murray, mantan petenis nomor satu dan pemegang tiga gelar Grand Slam, berhasil membalikkan menyamakan set menjadi 2-2.

Kokkinakis sempat bangkit berkat dukungan tuan rumah di set kelima. Lalu Murray yang tahun 2019 lalu menjalani operasi pada pinggulnya, berhasil menutup partai Grand Slap ke-250 ini dengan kemenangan.

Murray menjalani dua partai berat secara beruntun. Pada putaran pertama, ia berhasil mengalahkan unggulan 13 asal Italia, Matteo Berrettini, juga dengan lima set yang berlangsung hampir lima jam.

“Ini luar biasa bagaimana saya bisa membalikkan keadaan karena servis Thanasi luar biasa dan memukul forehand yang keras,” kata Murray usai pertandingan.

“Iya, saya memiliki hati yang besar. Saya bergantung pada cinta dan dorongan saya dan rasa hormat saya pada olahraga ini, itulah kenapa saya terus bermain.”

“Terima kasih sudah menonton, tapi sekarang saya pikir kita semua harus tidur.”

Pada putaran ketiga, Murray akan menghadapi unggulan ke-24 asal Spanyol, Roberto Bautista Agut.