MSPORTS – Jepang berhasil mengejutkan Jerman dengan meraih kemenangan 2-1 dalam laga perdana keduanya di Piala Dunia Qatar 2022, Rabu (23/11/2022).

Sempat tertinggal oleh gol penalti Ilkay Gundogan pada menit 33, Tim Samurai Biru membalikkan keadaan lewat gol Ritsu Doan pada menit 75 dan Takuma Asano pada menit 83.

Jepang juga sebetulnya sempat mencetak gol terlebih dahulu pada menit kedelapan. Namun, sayangnya, Daizen Maeda terlalu cepat dalam menyambut umpan sehingga offside.

Jerman sangatlah menguasai pertandingan yang terlihat dari penguasaan bola sebanyak 74 persen. Mereka juga melepaskan 26 tembakan dengan 9 mengarah ke gawang.

Pelatih Jepang, Hajime Moriyashu, mengakui bahwa timnya tidak bisa mengalahkan Jerman dari aspek tersebut. Oleh karenanya, ia pun menginstruksikan para pemainnya untuk bersabar.

“Kami ingin memulai pertandingan dengan bermain agresif. Kami ingin mendominasi pertandingan. Namun, Jerman sangatlah kuat sehingga kami harus bertahan secara kuat dan memanfaatkan kesempatan kami,” ujarnya.

Selain itu, Moriyashu pun menegaskan bahwa keberhasilan para pemainnya untuk memahami strategi tersebut adalah karena banyaknya dari mereka yang bermain di Eropa, termasuk Jerman.

Tercatat, dari 26 pemain di skuad Jepang di Piala Dunia 2022 ini, 19 di antaranya bermain di klub Eropa dan Jerman menjadi yang terbanyak dengan 8 pemain.

“Pada akhirnya, mereka menyerang kami dengan kekuatan penuh. Di masa lalu, mungkin kami akan kalah. Namun, banuak pemain tampil di Jerman serta Eropa. Jadi, mereka banyak belajar dan kami pun bertahan,” tegasnya.

“Kami bersatu. Kami harus bertahan hingga peluit akhir dan kami mampu mengambil kesempatan tersebut,” pungkas Moriyashu.