MSPORTS – Belgia berhasil menang tipis atas Kanada 1-0 di partai Grup F pada Kamis (24/11) dini hari WIB. Meski main kurang meyakinkan, gol tunggal Michy Batshuayi berhasil membawa kemenangan berharga bagi tim yang dijuluki the Red Devils ini.

Kanada yang hanya bermain di Piala Dunia keduanya ini, mengawali pertandingan yang digelar di Ahmed bin Ali Stadium dengan baik ketika mendapat peluang emas dari tendangan penalti usai tembakan Taylor Buchanan terkena tangan Yannick Carrasco.

Namun eksekusi penalti dari Alphonso Davies pada menit ke-10 dengan mudah ditebak oleh kiper Belgia, Thibaut Courtois. Bola liar kemudian berhasil diamankan oleh lini pertahanan Belgia.

Kanada terus mendominasi pertandingan. Meski kalah dalam penguasaan bola, tim asuhan John Herdman ini berhasil melepaskan 22 tembakan selama 90 menit, berbanding 9 tembakan dari Belgia.

Kecepatan pemain-pemain Kanada terus menyulitkan bek-bek tua dari Belgia. Mereka sempat meminta penalti pada menit ke-39 usai Richie Laryea dijatuhkan Axel Witsel, namun VAR tidak memberikan hadiah penalti.

Saat Kanada keasyikan menyerang, bek Belgia, Toby Alderweireld, melepaskan umpan panjang yang disambut Batshuayi. Ia mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan ke sudut gawang Kanada yang dijaga Milan Borjan.

Kanada kemudian merespons ketika Laryea mengirimkan umpan silang kepada Buchanan. Namun tembakannya masih melebar ke atas mistar.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez mengganti dua pemain saat turun minum. Memasukkan Amadou Onana dan Thomas Meunier untuk Youri Tielemans dan Carrasco, untuk menjaga keunggulan.

Kanada kemudian memiliki beberapa peluang yang masih belum berbuah gol.

Pada menit ke-49 Stephen Eustaquio berhasil mengolongi Kevin De Bruyne sebelum mengirimkan umpan silang kepada Jonathan David. Namun sundulannya masih melebar di gawang Courtois.

Kanada kembali mendapatkan peluang 10 menit sebelum bubar ketika umpan silang Alistair Johnston disambut dengan sundulan Cyle Larin yang masih bisa diamankan Courtois.

Hasil ini membuat Belgia duduk di puncak klasemen F di atas Kroasia dan Maroko yang meraih satu poin. Sedangkan Kanada terperosok di posisi juru kunci.

Pada pertandingan selanjutnya, Belgia akan berhadapan dengan tim kuda hitam Maroko pada Minggu (27/11) malam, yang berhasil mengimbangi Kroasia.

Sementara itu, Kanada yang kalah dalam tiga laga dan gagal mencetak gol di Piala Dunia 1986, kembali harus menunggu di partai selanjutnya melawan Kroasia di hari yang sama untuk meraih poin dan gol perdananya.