MSPORTS – Rafael Nadal gugur di babak kedua Australian Open 2023 setelah dikalahkan oleh Mackenzie McDonald dengan skor 4-6, 4-6, 7-5, pada Rabu (18/1/2023).

Hasil ini pun membuat Nadal gagal mempertahankan turnamen Grand Slam ini. Ya, tahun lalu, dirinya memang berhasil menjadi juara.

Pertandingan berjalan dengan durasi hingga 2 jam 32 menit. Namun, laga sempat terhenti pada set kedua karena Nadal yang mendapatkan perawatan medis akibat cedera di bagian panggul kirinya.

Dirinya mengambil tim-out dan meninggalkan lapangan. Namun, pemain asal Spanyol tersebut nyatanya kembali dan memilih untuk terus bertanding.

Sayangnya, kondisi tersebut membuat Nadal tidak bisa bermain maksimal dan akhirnya kalah.

Terlepas dari situasi tersebut, hasil ini jelas membanggakan sekaligus mengejutkan bagi McDonald yang merupakan pemain nomor 65 dunia asal Amerika Serikat.

Seusai laga, selain mengungkapkan kebahagiaannya, McDonald pun memberikan apresiasi tinggi kepada Nadal yang dinilainya tidak menyerah.

“Sebetulnya cukup berat untuk tetap bertahan secara mental di sana. Namun, saya menemukan cara untuk tetap menguatkannya. Jadi, saya senang,” kata McDonald dikutip situs resmi ATP.

“Dia adalah juara yang luar biasa. Dia tidak akan pernah menyerah terlepas apa pun situasinya. Menutup pertandingan dengan lawan top seperti itu selalu berat,” tegas McDonald.

“Saya hanya mencoba untuk fokus terhadap apa yang saya lakukan dan dia membuat saya keluar dari ritme. Saya senang bisa mempertahankan fokus dan pada akhirnya menyelesaikannya,” pungkas pemain berusia 27 tahun tersebut.