MSPORTS –  Boston Celtics melaju ke final NBA usai meraih kemenangan 100-96 atas Miami Heat pada pertandingan ke-7 babak final wilayah timur NBA 2021/2022, Senin (30/5/22) pagi. Walaupun Jimmy Butler mencetak angka terbanyak (35), ia gagal membawa Heat ke babak final NBA melawan Golden State Warriors. 

Celtics langsung unggul cepat 6-0 di awal pertandingan melalui Jaylen Brown dan menutup kuarter pertama dengan skor 32-17. 

Sepanjang pertandingan Heat tak mampu sekalipun menyamakan skor di lapangan. Pada kuarter kedua, Butler mencetak 24 angka dan berhasil memangkas jarak menjadi 55-49. 

Kuarter selanjutnya, tiga pemain Celtics yang tampil apik pada laga ini, Jayson Tatum, Jaylen Brown, dan Marcus Smart, berhasil menjaga jarak dan menutup kuarter ketiga 82-75. 

Heat sempat memperkecil jarak hingga 2 angka di beberapa menit terakhir, namun Smart berhasil mencetak dua angka terakhir untuk Celtics dan menang 100-96. 

Dengan kemenangan ini, Celtics akan berhadapan dengan Golden State Warriors yang merupakan pemenang dari wilayah barat. 

Pada laga ini, Tatum yang menjadi MVP di final wilayah timur, mencetak 26 angka, lalu Brown dan Smart memperoleh 24 angka untuk Celtics.