MSPORTS – Brazil berhasil membuka laga perdananya di Piala Dunia dengan kemenangan atas Serbia dengan skor 2-0 pada Jumat (25/11) dini hari lalu. Dua gol dari Richarlison di babak kedua menjadi penentu di pertandingan Grup G yang digelar di Lusail Iconic Stadium.

Tim asuhan Tite ini berhasil memperpanjang rekor tak terkalahkan di 20 laga pembuka Piala Dunia. Namun gagal memecah kebuntuan di babak pertama.

Serbia menunjukkan pertahanan solid di babak pertama yang menyulitkan lini depan Brazil yang dihuni Richarlison, Neymar, Vinicius Junior, serta Raphinha menemukan celah.

Raphinha sempat memiliki peluang di babak pertama namun tembakan dari dalam kotak penalti tersebut terlalu lemah dan mampu diamankan kiper Serbia, Vanja Milinkovic-Savic.

Serbia sendiri sulit untuk menusuk lini pertahanan Brazil yang tak terkalahkan dalam 16 laga terakhir. Selain Thiago Silva dan Marquinhos yang menjaga lini pertahanan, adanya Casemiro di lini tengah menjadi kunci amannya gawang Alisson.

Neymar dan Vinicius terus menjadi ancaman di lini belakang Serbia, namun lini depan Brazil masih sulit untuk menemukan gol di babak pertama.

Intensitas permainan meningkat di usai jeda. Serbia yang mencoba membangun serangan dari lini belakang, kehilangan bola yang direbut oleh Raphinha. Namun tembakan pemain Manchester United tepat mengarah Milinkovic-Savic.

Serbia kemudian mencoba mencari gol pada babak kedua. Hal ini membuat Brazil menemukan celah di tim asuhan Dragan Stojkovic ini.

Alex Sandro kemudian mencoba peruntungannya dari tembakan jarak jauh. Sayangnya bola membentur tiang gawang.

Pada menit ke-62, Richarlison berhasil membuka skor dengan tembakan jarak dekatnya. Ia melakukan sontekan dari depan gawang dengan memanfaatkan bola liar hasil tembakan dari Vinicius.

Terus mencari gol kemenangan, Richarlison akhirnya menggandakan kedudukan pada menit ke-73 dengan gol terbaik pada Piala Dunia kali ini. 


Menerima umpan dari Vinicius, pemain Tottenham Hotspur tersebut mengontrol bola dengan kaki kiri, sebelum melakukan tembakan salto dengan kaki kanannya dan bola gagal dijangkau Milinkovic-Savic.

Brazil yang dipenuhi banyak pemain bertalenta di lini depan, memasukkan Gabriel Jesus, Antony, Rodrygo, dan Gabriel Martinelli dan dengan nyaman mengakhiri laga ini dengan kemenangan.

Hasil ini membuat Brazil berada di puncak klasemen, sama-sama memiliki tiga poin dengan Swiss di posisi kedua. Sedangkan Serbia berada di posisi buncit Grup G.

Pada laga selanjutnya, Brazil akan menghadapi Swiss pada Senin (28/11) malam. Sementara Serbia dan Kamerun akan saling berhadapan di hari yang sama untuk mencari poin pertama pada Piala Dunia 2022.