MGOALINDO – Major League Baseball (MLB) akhirnya mencapai kesepakatan dengan asosiasi pemainnya terkait beberapa hal. Ini membuat musim baru MLB akhirnya akan dimulai pada 7 April mendatang, meski sebelumnya dijadawalkan pada 31 Maret.

Seperti dikutip dari The Guardian, beberapa kesepakatan yang dicapai di dalamnya di antaranya adalah terkait jumlah tim di babak play-off yang bertambah menjadi 12. Selain itu, ada juga soal gaji minimal yang ditetapkan menjadi 700 ribu dolar Amerika Serikat di mana sebelumnya adalah 570,5 ribu dolar Amerika Serikat. 

Terkait ini, kedua pihak pun saling memberikan komentarnya.

“Saya tahu beberapa bulan terakhir cukup sulit. Ada banyak ketidakjelasan bersamaan dengan banyaknya ketidakjelasan terkait situasi di dunia,” ucap Rob Manfred, Komisioner MLB, seperti dikutip dari BBC.

“Serikat kami mengalami berhenti kerja terlama kedua sepanjang sejarah untuk mencapai progress yang signifikan di area yang akan meningkatkan bukan hanya untuk hak dan keuntungan para pemain saat ini, tetapi juga generasi mendatang,” ujar Tony Clark, Direktur Asosiasi Pemain MLB.

Penundaan tersebut membuat partai-partai pembuka menjadi tidak berlangsung. Oleh karenanya, akan digelar dua pertandingan ganda untuk melengkapi 162 pertandingan yang ada dalam satu musim.