MSPORTS – Australian Open 2023 memasuki hari kedua pada Selasa (17/1/2023). Namun, salah satu ajang Grand Slam ini sempat tertunda karena cuaca esktrim panas.

Pada pukul 13.12 waktu setempat atau 9.12 WIB, akun Twitter Australian Open mengumumkan bahwa kebijakan Heat Stress Scale mereka mencapai level 4 karena suhu yang dikabarkan berada di atas 35 derajat celcius.

Dilansir dari Eurosport, sejak 2019 lalu, Australian Open memang telah menerapkan kebijakan khusus terkait cuaca panas yang terdiri dari lima level.

Level satu adalah berkaitan dengan temperature kondisi permainan. Level kedua meningkatnya hidrasi. Level ketiga adalah strategi penerapan pendinginan. Keempat adalah perpanjangan jeda. Dan level kelima adalah penghentian permainan.

Oleh karenanya, dalam utas yang mereka tulis di Twitter tersebut, Australian Open pun memberikan penjelasan ketika menyatakan telah memasuki level keempat.

Mereka menyebut bahwa pemain memiliki opsi untuk tetap berada di dalam lapangan atau menggunakan ruangan pendingin atau mandi.

Namun, tidak lama berselang, Australian Open menyatakan bahwa kebijakan di atas telah mencapai level kelima sehingga pertandingan yang digelar di ruangan terbuka pun dihentikan.

Kondisi kemudian mulai membaik dan mereka pun melanjutkan pertandingan sekitar pukul lima sore waktu setempat atau pukul satu siang WIB.