MSPORTS – Teka-teki siapa sosok yang akan mengisi posisi pelatih kepala Los Angeles Lakers segera terjawab. Dia adalah Darvin Ham.

Pria berusia 48 tahun tersebut merupakan asisten pelatih Milwauke Bucks. Bersama pelatih kepala Mike Budenholzer, mereka sukses membawa Bucks keluar sebagai juara NBA musim lalu.

Keputusan ini memang belum diumumkan secara resmi oleh Lakers, tetapi beberapa pihak telah menyebarkan informasi tersebut.

Di antaranya adalah laporan dari situs resmi NBA dan yang paling besar adalah cuitan dari bintang Lakers sendiri, James LeBron.

“Sangat luar biasa senang! Selamat dan selamat datang Coach DHam!” tulis LeBron dalam akun Twitternya.

Kabarnya, Ham akan dikontrak selama empat tahun. Ia jelas akan mendapat tanggung jawab berat untuk membawa Lakers kembali kompetitif.

Seperti diketahui, pada musim ini bersama pelatih kepala Frank Vogel, Lakers tidak mampu lolos ke playoff. Ia pun langsung dipecat setelah hasil mengecewakan tersebut didapat.

Darvin Ham sendiri tidak memiiki catatan yang begitu mentereng saat masih bermain. Setelah gagal mendapat draft, dia kemudian bergabung dengan Denver Nuggets. Tampil kurang memuaskan, dia kemudian pindah ke Washington Wizards dan berujung sama.

Setelah itu, ia kemudian berkelana ke Spanyol dengan bermain untuk Coviran Cervezas Alhambra di ABC League. Ia memutuskan untuk pensiun saat berusia 31 tahun.

Pada 2008, ia memulai karir kepelatihannya dengasn menjadi asisten di Development League. Dia kemudian menjadi asisten pelatih Lakers pada musim 2011/2012.

Setelah itu, Ham kemudian mulai bekerja sama dengan Budenholzer, awalnya di Atlanta Hawks. Pada 2018, keduanya berlanjut ke Milwaukee Bucks.