MSPORTS –  Tim nasional Belgia dibantai 1-4 oleh Belanda pada laga Nations League, Sabtu (4/6) dini hari WIB. Pelatih Belgia, Roberto Martinez, mengatakan mendapatkan pelajaran berharga dari kekalahan dari tetangga mereka tersebut. 

Kekalahan ini juga merupakan kekalahan pertama Martinez di laga kandang bersama Belgia sejak kekalahan di laga pertamanya melawan Spanyol pada September 2016 silam. 

Selama tiga tahun Belgia berada di puncak rangking FIFA sebelum disalip Brazil beberapa waktu lalu. 

“Ini lah yang kita butuhkan untuk persiapan ke Piala Dunia. Ini hasil yang berat tapi sudah jelas apa yang perlu kami tingkatkan,” kata Martinez. 

“Piala Dunia belum mulai sampai November tapi dengan tim nasional kami hanya memiliki 17 hari untuk persiapan. Sudah jelas apa yang perlu kami tingkatkan, kami memulai laga dengan baik dan menemukan ruang. Setelah itu menjadi sulit secara fisik untuk para pemain.”

Belgia akan memilik tiga laga Nations League lagi bulan ini dan dua laga pada September mednatang sebelum berangkat ke Piala Dunia di Qatar. 

Pada Piala Dunia nanti, mereka berada dalam satu grup dengan Kanada, Maroko, dan Kroasia di Grup F. 

“Kami harus menggunakan Nations League ini untuk persiapan Piala Dunia. Kami harus tetap membangun tim menuju Piala Dunia.”

Martinez mengeluhkan soal cederanya Romelu Lukaku yang cedera saat latihan awal pekan ini dan diragukan hingga sehari sebelum laga. 

“Kepergian Lukaku merupakan pukulan bagi tim. Sejak itu pertandingan menjadi sulit,” tambah pelatih berusia 48 tahun ini. 

Lukaku yang bermain dari awal, harus digantikan pada menit 27 oleh Leandro Trossard. 

Selanjutnya Belgia akan bertemu Polandia pada Kamis (9/6) mendatang.