MSPORTS – Newcastle United hanya mampu meraih satu angka usai ditahan imbang 0-0 di kandang Crystal Palace di Selhurst Park, Minggu (22/1) dini hari WIB. Meskipun begitu, tim asuhan Eddie Howe ini mampu naik ke posisi tiga klasemen sementara Premier League musim ini.

Newcastle yang datang sebagai tim tamu menguasai jalannya pertandingan. Selama 90 menit, Newcastle berhasil memegang 61 persen penguasaan bola, melepaskan 16 tembakan, tujuh di antaranya mengarah ke gawang.

Sementara Palace yang berhasil menahan imbang Manchester United di partai sebelumnya, hanya mampu melepaskan enam tembakan dan hanya satu yang mengarah ke gawang.

Pada babak pertama, Newcastle sempat memiliki peluang dari Dan Burn dan Joelinton, namun masih belum mampu menyulitkan kiper Palace, Vicente Guaita.

Lalu skema melalui tendangan sudut, tembakan voli Joelinton sempat terkena dada Tyrick Mitchell. Pemain Newcastle meminta mendapatkan hadiah penalti mengira bola tersebut terkena tangan Mitchell, namun wasit tidak menggubrisnya.

Menjelang jeda, Wilfried Zaha menusuk ke lini pertahanan Newcastle, sebelum dijatuhkan Kieran Trippier tepat di luar kotak penalti. Odsonne Edouard mencuri bola liar, sayangnya tembakannya masih melebar.

Palace kemudian meningkatkan intensitas permainan di babak kedua di depan pendukung sendiri. Namun skuad asuhan Patrick Vieira ini masih belum mampu menembus lini pertahanan Newcastle, yang merupakan tim dengan rekor pertahanan terbaik di Premier League musim ini.

Dari tendangan sudut, Callum Wilson mendapatkan peluang melalui sundulannya saat berdiri bebas di kotak penalti. Guaita lalu dengan mudah menangkap bola yang tepat mengarah sang kiper.

Peluang terbaik Palace terjadi pada menit 73. Tembakan keras Jean-Philippe Mateta masih mampu dihalau Nick Pope yang menepis ke atas mistar dan skor bertahan 0-0 hingga bubar.

Hasil ini membuat Newcastle naik satu tingkat ke posisi tiga, dengan 39 poin. Jumlah yang sama dengan Manchester United di posisi empat yang baru akan bermain pada Minggu (22/1) malam melawan pemuncak klasemen Arsenal.

Sedangkan Palace tertahan di posisi 12 dengan unggul tujuh angka dari zona degradasi.