MSPORTS – Pembalap Alfa Romeo, Zhou Guanyu, gagal menyelesaikan balapan (DNF) di GP Azerbaijan akhir pekan lalu.

Padahal, Zhou saat itu tengah tampil bagus dengan berada di posisi sepuluh teratas. Namun, lewat radio, timnya meminta pembalap asal China tersebut untuk melakukan pitting dan akirnya tidak melanjutkan balapan.

Dari radio, Zhou bahkan terdengar begitu marah. Ia protes kepada timnya dengan mengatakan bahwa mereka tidak bisa seperti itu terus ketika memiliki kesempatan.

Ya, pasalnya, DNF kali ini bukan yang pertama bagi Zhou. Di GP Spanyol dan Miami ia juga mengalaminya.

“Itu balapan yang sangat bagus. Saya tidak salah melangkah dalam balapan tersebut dan mampu merengsek ke atas dengan nyama untuk berada di belakang Vettel dan berjuang untuk posisi lebih jauh dalam perolehan poin,” kata Zhou.

“Ketika saya mendengar (radio tim), itu sangat tidak terduga dan saya sangat tidak bisa mempercayainya karena ini sudah terjadi begitu banyak tahun ini,” ungkap Zhou.

“Sebagai tim, kami hanya harus menyelesaikan masalah tersebut. Saya pikir, itu target terbesarnya atau prioritas utama,” tegas Zhou.

“Kami harus menyelesaikannya di beberapa balapan selanjutnya karena untuk mencapai garis finish adalah kunci utama, terutama ketika saya memiliki peluang untuk meraih poin di tiga balapan terakhir,” kata Zhou.

Namun, Zhou yang merupakan rookie pada tahun ini pun bisa melihat hal positif dari situasi tersebut. Itu artinya, ia mengalami perkembangan yang cukup baik. Hanya sayang, mobilnya belum bisa mendorongnya lebih jauh.

“Sebagai rookie, anda ingin mencapai lap sebanyak mungkin, pengalaman sebanyak mungkin. Namun, melihat bagaimana beberapa balapan terakhir berjalan, saya pikir dari sisi saya, saya mampu berkembang dan membangun kecepatan,” tutup Zhou.