MSPORTS – Drama terjadi di jeda musim panas Formula 1. Alpine mengumumkan pembalap muda berbakat Oscar Piastri sebagai pembalap baru tim asal Prancis tersebut. Namun Piastri membantah kabar tersebut dan mengatakan tidak akan balapan bersama Alpine musim depan.

Satu kursi kosong di satu mobil Alpine menyusul hengkangnya Fernando Alonso ke Aston Martin. Alonso akan balapan bersama Lance Stroll setelah Sebastian Vettel mengumumkan dirinya pensiun pada akhir musim ini.

Hal ini menjadikan Alpine mempromosikan Piastri yang sebelumnya berperan sebagai reserve driver menjadi pembalap utama berdampingan dengan Esteban Ocon.

Namun tidak sampai dua jam setelah pengumuman tersebut, Piastri membantah kabar tersebut dan mengatakan tidak akan balapan untuk Alpine tahun depan.

“Saya mengerti bahwa, tanpa persetujuan saya, Alpine mengeluarkan pengumuman sore ini bahwa saya akan balapan dengan mereka tahun depan,” tulis Piastri melalui media sosialnya.

“Ini salah dan saya belum menandatangani kontrak dengan Alpine untuk 2023.”

“Saya tidak akan balapan untuk Alpine tahun depan.”

Situasi ini menjadi rumit bagi Piastri yang merupakan salah satu pembalap muda paling berbakat yang digadang-gadangkan akan menjadi juara dunia di masa depan.

Ia yang merupakan juara dua tahun beruntun di Formula 3 dan Formula 2 pada tahun debutnya, adalah pembalap junior Alpine (dulu bernama Renault) yang mendukung karier balapannya di formula junior.

Namun usai juara F2 tahun lalu, ia gagal mendapatkan tempat di Alpine dan terpaksa berperan sebagai pembalap cadangan.

Pembalap berusia 21 tahun ini dikabarkan sedang mencari tim lain yang dapat memberi kesepakatan jangka panjang. Bersama Mark Webber, mantan pembalap Red Bull sekaligus manajernya, dirumorkan mengadakan negosiasi dengan McLaren.

Daniel Ricciardo yang akan menjadi pembalap yang dikorbankan jika kontraknya tidak diperpanjang pada akhir tahun ini. Karena rekan setimnya, Lando Norris, memiliki kontrak jangka panjang bersama pabrikan asal Inggris ini.

Sementara itu dalam kontraknya, Alpine berkewajiban mempromosikan Piastri sebagai pembalap utama jika ada kursi kosong di dalam tim dan pengumuman ini dilakukan lebih awal terlihat untuk mencegah tim lain mencaplok pembalap asal Australia tersebut.

Dalam pengumuman yang dikeluarkan Alpine, tidak ada pernyataan dari Piastri di pres rilis Alpine dan sosial medianya. Serta Piastri sendiri tidak mengumumkan dirinya akan menjadi pembalap Alpine bersamaan dengan pengumuman dari Alpine tersebut.

Hingga saat ini, kedua belah pihak, beserta McLaren, masih belum mengeluarkan pernyataan apapun terkait hal ini.