MSPORTS – Bek tengah Barcelona, Eric Garcia, enggan membandingkan Sergio Busquets dan gelandang Real Sociedad, Martin Zubimendi, yang dikabarkan akan menggantikan pemain veteran berusia 34 tahun tersebut.

Busquets yang merupakan kapten Blaugrana ini gencar dikabarkan akan hengkang dari Camp Nou usai kontraknya berakhir.

Zubimendi menjadi kandidat utama untuk menggantikan peran Busquets sebagai jenderal lapangan tengah. Pemain berusia 23 tahun tersebut menjadi pemain utama klub yang dijuluki Los Txuri-Urdin ini sejak musim ​​2020–21 dan memiliki kontrak hingga 2025 mendatang.

Sebagai jebolan akademi La Real, Zubimendi telah tampil sebanyak 105 kali dan mencetak tiga gol serta tiga asis.

“Anda harus melanjutkannya dengan hati-hati dengan perbandingan ini. Busquets adalah gelandang terbaik yang pernah saya lihat dan Martin, meski bermain di level yang sangat tinggi, baru memulai kariernya,” kata Garcia, dikutip dari Football Espana.


“Saya bermain bersamanya di Olimpiade dan dia mengejutkan saya, tapi saya ulangi apa yang saya katakan. Dia pemain La Real dan dia memiliki kontrak jadi saya tidak tahu apa yang akan terjadi.”

Pernyataan Garcia menjadi hal yang bagus untuk Zubimendi agar tidak tertekan dengan beban jika berhasil menggantikan Busquets, yang menjadi pemain utama Blaugrana sejak musim 2008-9, serta dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik di generasinya.

Meski ditinggal Andrés Iniesta dan Xavi Hernández, Busquets tetap kokoh dan dipercaya sebagai jenderal lapangan tengah Barcelona.

Salah satu jebolan La Masia terbaik, ia hanya membela Barcelona sepanjang kariernya, bermain sebanyak 685 laga dan mencetak 18 gol dan 43 asis.