MSPORTS – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memastikan dirinya menjadi satu-satunya wakil Indonesia di final Malaysia Open 2023.

Mereka mengalahkan ganda putra Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, secara straight set di babak semifinal, Sabtu (14/1/2023).

Di set pertama, Fajar/Rian yang merupakan pasangan nomor satu dunia tersebut menang dengan skor 21-18. Namun, kemenangan tersebut tidak diraih dengan mudah.

Di periode awal, Fajar/Rian sempat tertinggal hingga poin delapan. Kang/Seo bahkan terus menjadi pasangan yang mendominasi hingga poin ke 15.

Pada poin 16, setelah mampu menyamakan kedudukan, Fajar/Rian akhirnya mengambil alih pertandingan. Mereka meraih tiga poi beruntun hingga akhirnya menang.

Pada set kedua, Fajar/Rian yang dalam turnamen ini menempati unggulan nomor tiga bermain lebih santai. Setelah poin keempat, pasangan Korea Selatan tidak pernah bisa untuk sekadar menyamakan kedudukan. Fajar/Rian pun menang dengan skor 21-17.

Di laga final yang akan dilaksanakan besok, Fajar/Rian akan menghadapi wakil asal Tiongkok, Liang Wei Keng/Wang Chang yang menang atas pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (21-16, 11-21, 21-15).

Di semifinal, Indonesia juga sebetulnya mengirimkan dua wakil lain.

Sayangnya, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja kalah dari unggulan nomor satu asal Tiongkok, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (16-21, 18-21).

Sementara itu, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang juga melawan unggulan nomor satu asal Tiongkok, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, harus mengundurkan diri karena Fadia yang mengalami cedera.

Pada set pertama, mereka kalah dengan 9-21. Kemudian pada set kedua, ketika tertinggal 0-2, mereka akhirnya mengambil keputusan tersebut karena Fadia yang tidak bisa lagi menahan rasa sakit di kakinya.