MSPORTS – Boston Celtics berhasil mengalahkan Miami Heat dengan skor 93-80 dalam pertandingan kelima babak final wilayah NBA 2021/2022, Kamis (26/5/22) pagi WIB.

Hasil ini membuat Celtics kini berbalik unggul menjadi 3-2. Dalam empat pertandingan sebelumnya, mereka selalu tertinggal dan berhasil menyamakan kedudukan.

Dalam pertandingan ini sendiri, Celtics berhasil meraih kemenangan dengan sangat dramatis. Mereka tertinggal pada dua kuarter pertama dengan 17-19 dan 20-23. Namun, Celtics bangkit pada paruh kedua dengan menang 32-26 dan 24-22.

Empat pemain Celtics berhasil mencetak poin dua digit, yaitu Jaylen Brown (25), Jayson Tatom (22), Al Horford (16), dan Derrick White (14). Begitu pun dengan Heat lewat Bam Adebayo (18), Gabe Vincent (15), Jimmy Butler (13), dan Duncan Robinson (11).

Pelatih Celtics, Ime Udoka, menekankan bahwa pertahanan timnya yang sukses membawa mereka melaju hingga babak ini kembali terbukti di pertandingan ini.

“Saya pikir, tekanan yang kami berikan kepada beberapa tim lewat pertahanan kami berhasil dan membawa kami hingga ke babak playoff,” kata Udoka.

Hal tersebut juga diamini Al Horford.

“Pada paruh pertama berat kami tidak melepaskan tembaka dan membuang bola. Namun, kunci bagi kami adalah terus melanjutkan apa yang kami lakukan ketika bertahan dan kemudian menyerang dengan cara kami. Pada akhirnya, kami mulai bisa bermain,” ujar Al Horford.

Hasil ini membuat Celtics kini berpeluang besar melaju ke babak final andai bisa merebut pertandingan keenam, Sabtu (28/5/22) nanti.

Namun, jika Heat yang keluar sebagai pemenang, maka keduanya akan memainkan pertandingan pamungkas pada Senin (30/5/22).