MSPORTS – GP Australia akan tetap berada di kalender Formula 1 hingga 2035 mendatang. Balapan yang digelar di Albert Park, Melbourne ini, juga menambah dua balapan junior, Formula 2 and Formula 3, mulai tahun depan.

Kesepakatan sebelumnya yang habis pada 2025 mendatang, diperpanjang selama 10 tahun guna memastikan tempat jangka panjang di kalender F1 yang kini kian sengit.

Amerika Serikat sudah mengadakan tiga balapan mulai tahun depan. Dengan adanya Austin dan Miami, AS akan menggelar balapan di Las Vegas.

CEO F1, Stefano Domenicali, juga melihat kemungkinan menambah balapan di benua Afrika. Ia mengunjungi Johannesburg, Afrika Selatan, guna berdiskusi soal balapan di Kyalami tahun depan.

Albert Park yang sudah menggelar GP Australia sejak 1996 ini mengalami kompetisi sengit bukan hanya dari luar negeri, tapi dari dalam negeri di mana Sydney juga mengajukan diri menggelar balapan jet darat tersebut.

Namun dengan adanya 419 ribu pengunjung di GP Australia April lalu, yang juga menjadi penonton terbanyak di ajang olahraga Australia, membuat ke dua belah pihak yakin memperpanjang kontrak tersebut.

“Saya senang mengonfirmasi kalau Melbourne dan sirkuit Albert Park terus berlanjut di kalender Formula 1 hingga 2035,” kata Domenicali dikutip dari situs resmi F1.

“Balapan ini selalu menjadi favorit para fans, pembalap, dan tim dan Melbourne merupakan kota internasional yang berwarna dan hebat yang sempurna untuk olahraga kami.

“Tahun ini kami telah melihat jumlah penonton yang besar dan bersemangat di GP, dan kami menantikan masa depan di Australia selagi olahraga kita tumbuh.”

Masih belum ada tanggal untuk GP Australia musim depan.