MSPORTS – Sesi latihan pertama (FP1) pada balapan pamungkas di GP Abu Dhabi digelar pada Jumat (18/11). Dua pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan George Russell menjadi yang tercepat di Yas Marina.

Mercedes melanjutkan momentumnya usai menang di Brazil pekan lalu dengan Hamilton yang mencatatkan waktu 1:26,633, unggul 0,220 detik dari rekan setimnya tersebut.

Pada sesi ini, sebanyak delapan dari 10 tim yang menurunkan pembalap “rookie” mereka di sesi yang berjalan selama satu jam ini.

Red Bull memberikan kesempatan untuk juara F2 Liam Lawson. Sementara itu runner-up F2 2021, Robert Shwartzman, mendapatkan kesempatan bersama Ferrari.

McLaren memberikan tempat untuk pembalap IndyCar, Pato O’Ward. Sementara itu, Felipe Drugovich menjalani debutnya di FP1 bersama Aston Martin. 

Logan Sargeant yang digadang-gadangkan akan mendapatkan tempat di Williams, kembali menambah jam terbangnya di mobil F1. Kemudian Jack Doohan mendapatkan tempat di Alpine.

Haas sendiri memberikan tempat untuk Pietro Fittipaldi. Serta pembalap veteran Robert Kubica menjajal sirkuit Yas Marina bersama Alfa Romeo.

Di belakang duo Mercedes, terdapat Charles Leclerc (Ferrari) dengan waktu 0,255 lebih lambat dari Hamilton.

Sementara itu Red Bull menempatkan dua pembalapnya di lima besar. Sergio Perez dengan catatan waktu 1:26,967 berada di P4, sementara itu Lawson sukses memberikan kesan positif dengan berada di P5.

Sebastian Vettel (Aston Martin) yang menjalani balap terakhirnya berada di P6, di depan Shwartzman yang menjadi pembalap muda lain yang berada di 10 besar. Sementara itu Daniel Ricciardo yang menjalani balapan terakhirnya bersama McLaren berada di P8.

Valtteri Bottas (Alfa Romeo) dan Alex Albon (Williams) kemudian menutup posisi 10 besar di sesi ini.

Berikut hasil lengkap FP1 GP Abu Dhabi, Jumat (18/11):