MSPORTS – Gareth Southgate telah mengumumkan 28 nama yang akan membela Tim Nasional Inggris untuk jeda internasional pada September ini.

Tim Tiga Singa dijadwalkan berhadapan dengan Italia pada 23 September dan tiga hari berselang melawan Jerman. Keduanya merupakan pertandingan UEFA Nations League.

Dari sisi skuad sendiri, terdapat beberapa kejutan. Di antaranya adalah keputusan Southgate untuk tetap memanggil para pemain yang jarang tampil bersama klub.

“Jelas, kami memiliki beberapa pemain termasuk Ben Chilwell, Luke Shaw, Harry Maguire, dan Kalvin Phillips yang tidak banyak bermain dengan klub mereka,” kata Southgate.

“Itu tidak ideal. Namun, kami merasa mereka telah dan bisa menjadi pemain penting bagi kami. Ini bukan situasi yang sempurna tetapi masih banyak pertandingan yang akan dimainkan sebelum (Piala Dunia) Qatar,” ujar Southgate.

Di skuad kali ini, Southgate juga kembali memanggil bek Tottenham Hotspur, Eric Dier, yang terakhir kali membela Inggris pada 2020.

Dier memang tampil cukup konsisten bersama Spurs, bukan hanya pada musim ini, tetapi sejak musim lalu ketika Antonio Conte datang sebagai pelatih baru.

“Dengan Eric Dier, dia tampil bagus untuk periode yang lama. Kami pikir ini panggilan yang ketat di bek tengah kami dan dia berhak untuk dipilih di dalam grup,” ucap Southgate.

“Kami tahu betapa bagus karakternya. Dia sesuai dengan kultur dan memiliki pengalaman internasional yang hebat serta kualitas kepemimpinan,” kata Southgate.

Satu keputusan lain yang juga menjadi sorotan adalah dipanggilnya penyerang Brentford, Ivan Toney. Ini juga sekaligus menjadi panggilan pertamanya ke timnas.

“Dengan Ivan Toney, kami telah memantaunya sejak lama. Saya melewati percakapan yang bagus dengan Thomas Frank (pelatih Brentford) soal dirinya musim lalu,” ungkap Southgate.

“Penampilannya dan kualitasnya, bukan hanya mencetak golnya tetapi juga kemampuan tekniknya, permainan membangun serangannya, dan kekuatan udaranya, memberi kami ancaman berbeda dibanding pemain lain yang bisa kami pilih,” kata Southgate.

Terakhir, Southgate menegaskan bahwa untuk para pemain yang tidak terpilih, ini tidak berarti bahwa peluang mereka untuk tampil di Qatar tertutup.

Tercatat memang ada beberapa nama yang tampil cukup bagus tetapi tidak dipanggil di skuad kali ini seperti Ben White (Arsenal) atau Marcus Rashford (Manchester United).

“Ada beberapa pemain tertentu yang ingin kami tetap libatkan kali ini. Namun, itu tidak berarti menjadi akhir bagi para pemain yang tidak terlibat,” pungkas Southgate.

Berikut skuad lengkap Inggris untuk jeda internasional pada September.

Kiper: Dean Henderson (Nottingham Forest, pinjaman dari Manchester United), Nick Pope (Newcastle United), Aaron Ramsdale (Arsenal)

Bek: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Ben Chilwell (Chelsea), Conor Coady (Everton, pinjaman dari Wolverhampton Wanderers), Eric Dier (Tottenham Hotspur), Marc Guéhi (Crystal Palace), Reece James (Chelsea), Harry Maguire (Manchester United), Luke Shaw (Manchester United), John Stones (Manchester City), Fikayo Tomori (AC Milan), Kieran Trippier (Newcastle United), Kyle Walker (Manchester City)

Gelandang: Jude Bellingham (Borussia Dortmund), Mason Mount (Chelsea), Kalvin Phillips (Manchester City), Declan Rice (West Ham United), James Ward-Prowse (Southampton)

Penyerang: Tammy Abraham (AS Roma), Jarrod Bowen (West Ham United), Phil Foden (Manchester City), Jack Grealish (Manchester City), Harry Kane (Tottenham Hotspur), Bukayo Saka (Arsenal), Raheem Sterling (Chelsea), Ivan Toney (Brentford)