MSPORTS - George Russell akan memulai sebagai yang terdepan di GP Hungaria, Minggu (31/7/22) malam WIB. Di sesi kualifikasi pada Sabtu, dia keluar sebagai yang tercepat lewat catatan waktu 1 menit 17,377 detik. 

Sebagai catatan, ini merupakan pole pertama sepanjang kariernya sebagai pembalap Formula 1. Pria asal Inggris berusia 24 tahun ini debut pada 2021 lalu bersama Williams.

Kemudian pada tahun ini, ia pindah ke Mercedes menemani rekan sekompatriotnya, Lewis Hamilton. Pole ini juga sekaligus yang pertama bagi Mercedes pada musim ini.

Menariknya, Russel mengaku sama sekali tidak menyangka atas pencapaiannya ini. Pasalnya, penampilannya dan performa mobilnya di sesi latihan hari Jumat sangatlah mengecewakan.

"Jujur, saya sungguh tidak memikirkan diri sendiri. Namun, bagi kami sebagai tim, ini masif. Kemarin mungkin adalah Jumat terberat sepanjang musim. Kami di sini sampai pukul 11 malam menggaruk kepala. Moral sangat turun dan kami sangat merasa kecewa," ungkapnya. 

"Dan untuk mampu kembali dan meraih pole position 24 jam kemudian, itu perasaan yang luar biasa karena saya tahu apa yang kami alami kemarin malam," ujarnya.

"Memang tidak ada poin untuk sesi kualifikasi. Namun, saya rasa, meraih hasil ini untuk kami semua sangatlah penting."

Soal peluangnya Minggu malam, Russell pun menegaskan akan mencoba meraih kemenangan. Sebagai catatan, tahun lalu bersama Williams, ia juga meraih poin pertama dalam kariernya di GP Hungaria (posisi 8, 4 poin).

"Ini sangat tidak bisa diketahui. Kami membalikkan situasi mobil sejak kemarin. Kondisi berubah. Ferrari tampak hebat. Kami berada di belakang untuk saat ini. Kemenangan adalah yang akan kami kejar," kata Russell.

"Budapest adalah sirkuit yang selalu saya suka. Saya selalu cepat di sini dan saya selalu tahu jika saya dan mobil bekerja sama dengan baik, tidak ada alasan kami tidak mampu meraih hasil bagus," lanjutnya. 

"Inilah balapan. Inilah mengapa saya bangun setiap hari dan ingin menjadi juara dunia. Perasaan seperti ini adalah sesuatu yang tidak bisa anda mimpikan," pungkasnya.