MGOALINDO – NFL musim 2022 baru saja berakhir dengan gelar juara diraih oleh Los Angeles Rams setelah mengalahkan Cincinnati Bengals dengan skor 23-20 pada laga Super Bowl, Senin (14/2/22) pagi waktu Indonesia.

Pertandingan yang digelar di SoFi Stadium tersebut tidak hanya menyajikan pertarungan yang menarik antara kedua tim namun juga pertunjukan yang meriah dari para artis yang tampil saat jeda.

 Dr. Dre, Kendrick Lamar, Eminem, Snoop Dogg and Mary J. Blige menjadi para musisi yang menghibur penonton saat itu.

Namun, satu aksi yang dilakukan oleh Eminem mencuri perhatian paling besar, yaitu ketika dia melakukan gestur ‘Take The Knee’.

Gestur ini sendiri merupakan simbol perlawanan yang biasanya digunakan oleh kaum tertindas. Salah satunya adalah oleh orang-orang kulit hitam.

NFL sendiri memiliki catatan buruk terkait soal ini di mana mereka pernah menghukum salah satu pemainnya, Colin Kaepernick, karena melakukan gestur tersebut dalam sebuah pertandingan pada 2016.

Keputusan dari NFL tersebut pun mendapat protes keras dari publik.

Terkait aksi yang dilakukan Eminem, perwakilan dari NFL mengaku bahwa mereka tidak pernah berusaha untuk menghentikan aksi sang bintang.

“Kami menyaksikan semua elemen yang ada di pertunjukan berulang kali saat gladi dan kami menyadari bahwa Eminem akan melakukan itu (Take The Knee),” kata Brian McCarthy, perwakilan dari NFL seperti dikutip dari Sky Sports.

Pada 2020 lalu, ketika terjadi protes terkait insiden pembunuhan George Floyd oleh salah satu oknum polisi yang dilatarbelakangi dengan kebencian rasial, NFL mengakui bahwa mereka telah gagal mendengarkan suara dari pemain.

“Kami, National Football League, mengaku salah karena tidak mendengarkan pemain lebih awal dan mendukung semuanya untuk berbicara dan protes secara damai,” kata komisioner NFL, Roger Goodell, pada Juni 2020 seperti dikutip dari The Guardian.

“Kami, National Football League, percaya Black Lives Matter,” pungkasnya saat itu.