MSPORTS – Pelatih tim nasional Ghana, Otto Addo, mengatakan timnya tidak akan membalaskan dendam saat timnya bertemu Uruguay pada laga krusial Grup H, Jumat (2/12) mendatang. Hal tersebut dikatakan pasca Ghana menang dramatis atas Korea Selatan dengan skor 3-2.

Dengan hasil ini, Ghana berada di posisi menguntungkan untuk lolos ke babak selanjutnya. 

Tim yang dijuluki Black Stars tersebut kini berada di posisi dua dengan tiga angka, unggul dua angka dari Korsel dan Uruguay, yang berada di posisi juru kunci.

Hasil imbang melawan Uruguay cukup bagi Ghana untuk lolos ke babak selanjutnya jika Korsel gagal menang melawan Brazil. Namun sebuah kemenangan akan memastikan jalan ke fase 16 besar.

Sedangkan bagi Uruguay, satu-satunya peluang untuk lolos dari babak grup adalah dengan mengalahkan Ghana.

Laga ini merupakan laga ulangan kontroversial pada Piala Dunia 2010 lalu, di mana Luis Suarez menangkap bola dengan tangannya dan berakhir dengan kekalahan Ghana di babak perempat final.

“Ini akan menjadi laga yang sangat sulit tapi saya percaya diri bisa memenangkan pertandingan ini,” kata Addo usai laga kontra Korsel, dikutip dari Reuters.

“Saya bukan orang yang berpikir soal balas dendam.”


“Sudah lama, sudah lama sekali insiden tersebut terjadi dan saya sangat yakin jika Anda tidak mencoba membalas dendam pada hal seperti ini, kadang Anda akan mendapatkan berkah.”

Pada laga perempat final Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan tersebut, Luis Suarez menangkap bola dengan tangannya untuk mencegah Dominic Adiyiah mencetak gol kemenangan ke gawang Uruguay di menit akhir.

Suarez kemudian diganjar kartu merah dan Ghana mendapatkan hadiah penalti. Namun Asamoah Gyan gagal mengeksekusi penalti tersebut 

Hasil ini sekaligus gagal menjadikan Ghana tim Afrika pertama yang lolos ke semifinal setelah kalah 4-2 di babak adu penalti.


Suarez yang masih bermain bersama Uruguay 12 tahun setelah insiden tersebut, diperkirakan kembali akan bermain melawan Ghana dalam laga ulangan ini.

Suarez yang menjadi musuh, bersama bintang Uruguay lain di lini depan seperti Darwin Nunez dan Edinson Cavani, masih belum mencetak gol pada Piala Dunia kali ini.

Addo sendiri akan menerapkan taktik berbeda untuk melawan tim asuhan Diego Alonso tersebut.

“Ada pendekatan yang berbeda, ini tim yang berbeda,” lanjut Addo.

“Mereka memiliki penyerang yang bagus, banyak pengalaman dan mereka sangat kompak, tim yang sangat bagus.”

“Ini akan menjadi pertandingan yang sulit, sama seperti di pertandingan lainnya.”

“Kami sudah katakan sebelum turnamen setiap pertandingan akan berjuang keras dan harus menjadi yang terbaik untuk mengalahkan mereka.”