MSPORTS – Max Verstappen berhasil juara di GP Hungaria yang diadakan pada Minggu (31/7) malam WIB. Pembalap Red Bull tersebut memulai balapan di posisi 10 dan berhasil menyalip Ferrari dan Mercedes untuk meraih kemenangan kedelapan musim ini.

George Russell (Mercedes) yang start di posisi pole berhasil menahan duo Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz di posisi dua dan tiga.

Di belakangnya, Lewis Hamilton (Mercedes) juga mendapatkan start yang bagus ketika mampu naik dari posisi tujuh ke posisi lima.

Sedangkan Verstappen dan rekan setimnya Sergio Perez berhasil merangsek naik ke tujuh besar.

Verstappen lalu menyalip Lando Norris (McLaren) dan Mercedes di depannya.

Russell yang start dengan ban soft lebih dulu mengganti ban ke medium dan diikuti Sainz yang meninggalkan Leclerc memimpin balapan.

Leclerc lalu masuk ke pit stop di lap 22 dan keluar di belakang Russell. Dengan ban barunya, Leclerc mencoba menyerang Russell dan berhasil memimpin balapan di lap 31.

Verstappen mengambil inisiatif untuk kembali mengganti bannya yang membuat Leclerc bereaksi dan mengganti ke ban hard.

Verstappen berhasil keluar dari pit stop di depan Russell sedangkan Sainz masih memimpin balapan dengan ban medium.

Leclerc terlihat kesulitan dengan ban hard dan menjadikannya mangsa Verstappen yang menyalipnya di tikungan satu.

Namun di tengah-tengah lap tersebut Verstappen melakukan kesalahan dan kembali disalip Leclerc. Tak lama Verstappen kembali menyalip Leclerc yang tak berdaya di lap 45.


Sainz mengganti bannya ke soft diikuti Hamilton juga dengan ban soft di lap selanjutnya yang membuat Verstappen memimpin balapan diikuti Russell, Sainz, dan Hamilton.

Hamilton dengan ban barunya terlihat semakin cepat. Sebagai catatan, pembalap asal Inggris tersebut merupakan pemenang terbanyak di sirkuit Hungaroring ini.

Di paruh akhir balapan, berhasil memangkas jarak dengan Sainz. Ia lalu menyalipnya dan juga Russell di posisi dua.

Akhir balapan terlihat akan turun hujan namun tak cukup untuk mengubah situasi balapan dan Verstappen keluar sebagai pemenang, diikutip Hamilton dan Russell di belakangnya. 

Duo Ferrari, gagal meraih podium dan kembali dikalahkan oleh Red Bull pada musim ini. Sainz berada di posisi empat dan Leclerc harus puas di posisi enam, mengapit Perez di posisi lima.

Norris yang start di posisi empat, merosot ke posisi tujuh di depan dua pembalap Alpine, Fernando Alonso dan Esteban Ocon. 

Sedangkan pembalap yang akan pensiun pada akhir musim ini, Sebastian Vettel, mendapatkan poin terakhir di GP Hungaria.