MSPORTS – Juara bertahan Max Verstappen kembali menunjukkan tajinya dengan memenangkan GP Italia pada Minggu (11/9) malam WIB. Pembalap Red Bull ini mampu menyabet posisi terdepan setelah start dari posisi tujuh di sirkuit Monza yang merupakan kandang Ferrari.

Sementara itu pembalap Ferrari sendiri, Charles Leclerc, yang start dari posisi pole harus puas di posisi kedua, ditemani George Russell (Mercedes) di posisi podium.

Awal balapan Leclerc memulainya dengan baik saat mampu menahan Russell yang start di posisi kedua di tikungan pertama.

Namun Lando Norris (McLaren) terhambat saat start dan turun ke posisi enam.

Sementara itu Verstappen yang start dari posisi tujuh karena penalti pergantian mesin, berhasil memanfaatkan situasi dan mampu naik ke posisi tiga di lap kedua.

Pembalap asal Belanda tersebut terus berburu posisi terdepan dan berhasil menyalip Russell dengan mudah untuk menempati posisi kedua.

Steward kemudian menggunakan virtual safety car ketika Sebastian Vettel (Aston Martin) terpaksa retired dan memarkirkan mobilnya di sisi sirkuit.

Situasi ini kemudian dimanfaatkan Leclerc untuk mengganti ban soft menjadi medium di lap ke-13 dan turun ke posisi tiga sekaligus membuat Verstappen memimpin balapan ini.

Verstappen yang masih menggunakan ban soft yang dipakainya saat start, berhasil menjaga ban dan jarak dengan Russell dan Leclerc.

Kemudian pada lap 26, ia mengganti ban lamanya ke ban medium dan hanya keluar dari pit sekitar 10 detik di belakang Leclerc di posisi terdepan.

Ferrari memutuskan untuk melakukan dua stop dan memasukkan Leclerc untuk mengganti ban soft di lap 34 dan Verstappen naik ke posisi pertama.

Hal ini membuat Leclerc harus kembali menyalip Verstappen di lintasan dengan ban barunya di 19 lap tersisa dengan jarak sekitar 20 detik.

Namun Leclerc kesulitan untuk memangkas jarak dengan Verstappen yang mampu menjaga kecepatan dan jarak sekitar 17 detik.

Lalu drama terjadi di menit akhir ketika mobil Daniel Ricciardo (McLaren) terparkir di sisi lintasan. Juara GP Italia tahun lalu ini terpaksa retired pada lap 47.

Steward kemudian mengeluarkan safety car dan dimanfaatkan oleh Russell untuk mengamankan posisi podium terakhir.

Verstappen kemudian masuk ke pit untuk mengganti ban di lap selanjutnya diikuti Leclerc yang juga mengganti ban soft.

Sayangnya, kondisi formasi mobil Ricciardo dan mobil lainnya di lintasan yang tidak beraturan membuat safety car mengambil waktu lama untuk merapikan posisi mobil di belakangnya.

Akhirnya balapan ini berakhir di belakang safety car dengan Verstappen yang berhasil meraih lima kemenangan beruntun dan kemenangan perdananya di GP Italia.

Di belakang Leclerc dan Russell di posisi podium terdapat Carlos Sainz (Ferrari) yang start dari posisi 18. 

Hasil GP Italia ini cukup mengecewakan bagi Ferrari yang hanya meraih satu podium di kandang mereka yang di saat bersamaan merayakan ulang tahunnya ke-75 dan ulang tahun sirkuit Monza ke-100.


Juara dunia tujuh kali, Lewis Hamilton, berhasil finish di posisi kelima setelah start dari posisi 19. Pembalap Mercedes ini berada di depan Sergio Perez (Red Bull) yang sempat menempati posisi lima, namun mengganti ban dan turun satu tingkat.

Lando Norris yang sempat mengalami masalah di awal, berhasil berada di posisi tujuh di depan Pierre Gasly (ALphaTauri).

Kemudian pembalap asal Belanda keturunan Indonesia, Nyck De Vries (Williams), yang menjalani debutnya menggantikan Alex Albon berhasil meraih dua poin dengan finish di posisi 9.

Sedangkan posisi poin terakhir diisi Zhou Guanyu (Alfa Romeo), yang berduel di sepanjang balapan bersama De Vries dan mampu berada di posisi 10 setelah Ricciardo gagal mengakhiri balapan.

Berikut hasil lengkap GP Italia Minggu (11/9) malam WIB: