MSPORTS – Pembalap tim Alpine, Fernando Alonso, keluar sebagai yang tercepat di sesi latihan ketiga GP Kanada, Minggu (19/6/22).  

Menggunakan ban intermediate di kondisi balapan yang hujan, pembalap asal Spanyol berusia 40 tahun tersebut selesai dengan catatan waktu 1 menit 33,836 detik.

Di belakang Alonso, ada pembalap AlphaTauri, Pierre Gasly, yang tertinggal 0,053 detik. Pembalap Aston Martin, Sebastian Vettel, melengkapi tiga tempat teratas dengan tertinggal 0,002 detik saja.

Rekan setim Alonso, Esteban Ocon, berada di posisi keempat. Ia berada di depan dua pembalap McLren, Daniel Ricciardo dan Lando Norris.

Pembalap Mercedes, George Russel, kemudian menyusul di posisi ketujuh. Seperti Ocon, Russel juga mengungguli dua pembalap setim, yaitu Sergio Perez dan Max Verstappen yang membela Red Bull.

Verstappen menjadi salah satu pembalap yang merasakan dampak dari lintasan yang licin. Di belokan kedua, ia sempat tergelincir hingga membuatnya terputar dan keluar lintasan.

Namun, beruntung, putaran mobilnya berhenti dengan mengarah ke lintasan sehingga pembalap asal Belanda tersebut bisa langsung kembali tancap gas.

Pembalap tim Haas, Kevin Magnussen, menjadi satu orang lain yang juga mengalami insiden serupa. Pembalap asal Denmark tersebut bahkan mengalaminya di tempat yang sama seperti Verstappen.

Pembalap Ferrari, Carlos Sainz, melengkapi sepuluh posisi teratas. Rekan setimnya sendiri, Charles Leclercs, tidak mencatatkan waktu karena mendapat hukuman grid penalty bersama pembalap AlphaTauri, Yuki Tsunoda.

Berikut hasil lengkap FP3 GP Kanada.