MSPORTS – Pelatih tim nasional Jerman, Hansi Flick, mengatakan timnya kini tertekan usai kalah mengejutkan di laga perdana dari Jepang, Rabu (23/11) lalu. 

Pada laga tersebut, Jerman mendapatkan hadiah tendangan penalti ketika Shuichi Gonda menjatuhkan David Raum di kotak terlarang. Jerman kemudian unggul pada menit ke-33 berkat eksekusi penalti dari Ilkay Gundogan.

Namun Tim Panser gagal menambah gol untuk memastikan kemenangan. Alih-alih Jepang berhasil mencetak dua gol untuk membalikkan keadaan di babak kedua melalui gol dua pemain pengganti, Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Jepang kemudian berhasil mempertahankan keunggulan hingga bubar yang membuat Jerman kalah dalam dua laga pembuka Piala Dunia beruntun.

“Dengan kekalahan ini dan nol poin, kami di bawah tekanan, tidak perlu dipertanyakan lagi,” kata Flick, dikutip dari Reuters.

“Kami hanya bisa menyalahkan diri sendiri. Ini kekecewaan yang sangat besar.”

“Kami berada di jalur yang benar di babak pertama, memiliki 78 persen penguasaan bola dan unggul 1-0. Kemudian kami memiliki peluang besar di babak kedua yang tidak bisa kami manfaatkan.”

“Jepang memang lebih efisien hari ini. Kami membuat kesalahan yang seharusnya tidak pernah dilakukan terutama di Piala Dunia dan hal itu yang harus kami perbaiki.”

Dengan hasil ini, Jerman berada di posisi ketiga dengan nol poin, sedangkan Jepang yang meraih tiga angka duduk di peringkat kedua klasemen sementara Grup E.

Selanjutnya Jerman akan bertemu pemuncak klasemen Spanyol pada Senin (28/11) dini hari yang berhasil menang besar atas Kosta Rika. Sedangkan Jepang akan bertemu Kosta Rika pada Minggu (27/11) malam WIB