MSPORTS – Sesi kualifikasi GP Kanada menyuguhkan pertarungan yang sangat seru. Kondisi lintasan yang basah karena hujan memberi dampak bagi para pembalap, baik positif maupun negatif.

Salah satu yang paling merasa diuntungkan adalah pembalap senior tim Alpine, Fernando Alonso. Pembalap berusia 40 tahun tersebut berhasil meraih posisi kedua di sesi kualifikasi terakhir.

Ini merupakan kali pertama dalam sepuluh tahun Alonso akan memulai balapan di bagian depan.

Alonso yang berasal dari Spanyol mampu mencuri tempat tersebut dari sekompatriotnya yang membela Ferrari, Carlos Sainz, dengan selisih waktu yang hanya berbeda 0,797 detik (Alonso 1:21.944, Sainz 1:22.096).

β€œIni terasa luar biasa, ini akhir pekan yang tidak dapat dipercaya bagi kami sejauh ini. Mobilnya luar biasa. Saya mengendarai dengan nyaman dengan mobil ini dan para pendukung memberi saya dorongan ekstra. Saya pikir kami akan menyerang Max (Verstappen) di tikungan pertama (di balapan besok),” kata Alonso.

Ya, Alonso memang berada di belakang pembalap Red Bull, Verstappen. Pembalap Belanda tersebut mencatatkan waktu 1 menit 21,299 detik.

Di posisi keempat ada pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, yang juga tampil cukup mengesankan.

Satu pencapaian luar biasa lain dicatatkan oleh Zhou Guanyu yang meski berada di tempat kesepuluh, namun mampu melaju ke sesi kualifikasi ketiga pertama dalam karirnya.

Sebaliknya, dua pembalap yang paling merasakan kekecewaan adalah Sergio Perez (Red Bull) dan Charles Leclerc (Ferrari).

Perez gagal lolos ke kualifikasi terakhir karena mengalami insiden pada saat kualifikasi kedua yang sempat membuat balapan dihentikan (red flag). Ia akan memulai balapan di posisi ke-13.

Sementara Leclerc akan memulai balapan di posisi ke-19 karena keputusannya menggunakan komponen baru. Secara hasil kualifikasi, ia berada di posisi 15.

Berikut starting grid untuk sesi balapan GP Kanada, Senin (20/6/22) dini hari WIB nanti.

1. Max Verstappen

2. Fernando Alonso

3. Carlos Sainz

4. Lewis Hamilton

5. Kevin Magnussen

6. Mick Schumacher

7. Esteban Ocon

8. George Russel

9. Daniel Ricciardo

10. Zhou Guanyu

11. Valtteri Bottas

12. Alex Albon

13. Sergio Perez

14. Lando Norris

15. Pierre Gasly

16. Sebastian Vettel

17. Lance Stroll

18. Nicholas Latifi

19. Charles Leclerc

20. Yuki Tsunoda