MSPORTS – Italia berhasil menundukkan Hungaria dengan skor 0-2 di grup A3 UEFA Nations League putaran keenam, Selasa (27/9) dini hari WIB. Laga pamungkas babak grup ini sekaligus memastikan Gli Azzurri berada di puncak grup dan lolos ke semi final.

Tim asuhan Roberto Mancini ini berhasil unggul pada menit ke-27 melalui gol dari Giacomo Raspadori, yang kembali mencetak gol di dua laga beruntun.

Gol tersebut berawal dari kesalahan bek Hungaria, Adam Nagy, yang hendak melakukan operan ke kiper. Bola kemudian direbut penyerang Napoli tersebut dan menjebol gawang Peter Gulacsi.

Hungaria lalu melancarkan serangan yang membuat kiper Italia, Gianluigi Donnarumma, melakukan tiga kali penyelamatan beruntun.

Kiper Paris Saint-Germain itu menghalau tembakan Loic Nego ke sisi kiri, ia kemudian bangun untuk menyelamatkan gawangnya kembali dari tembakan Callum Styles. Terakhir, ia berhasil menyapu bersih tembakan jarak dekat dari Adam Szalai.

Setelah rentetan peluang tersebut, Italia kemudian melancarkan serangan balik. Bryan Cristante memberikan umpan silang dan Federico Dimarco yang tiba di kotak penalti berhasil menggandakan kedudukan. 

Donnarumma kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan kakinya saat menghalau sundulan dari Styles.

Styles kembali mendapatkan kesempatan setelah tembakannya yang terdefleksi, berhasil diselamatkan Donnarumma.

Namun upaya tersebut tak cukup bagi tuan rumah untuk mengulangi performa gemilang saat mengalahkan Jerman dan dua kali mempermalukan Inggris.

Kemenangan ini membuat Italia berada di puncak grup, unggul satu angka dari Hungaria di posisi kedua.

Hasil ini juga menandakan kebangkitan Italia usai gagal lolos ke Piala Dunia lalu. Skuad asuhan Mancini ini kini dipenuhi pemain-pemain muda yang akan berkembang saat turnamen besar selanjutnya.