MSPORTS – Indonesian Basketball League (IBL) 2022 resmi memulai babak semifinalnya pada Sabtu (20/8/2022) di tempat yang sama seperti babak perempat final pekan lalu, GOR C-Tra Arena, Bandung.

Pertandingan pertama dibuka oleh Pelita Jaya Bakrie Jakarta kontra West Bandits Combiphar Solo. Laga ini berakhir dengan kemenangan bagi Pelita Jaya dengan skor 80-71.

Hasil ini diraih oleh tim asuhan Fictor Gideon Roring tersebut dengan perjuangan yang luar biasa. Pasalnya, pada paruh pertama, mereka sempat tertinggal hingga 17 poin, 32-49.

Di dua kuarter pertama tersebut, permainan West Bandits yang dilatih oleh Raoul Miguel Hadinoto memang terbilang cepat dan cair.

Pelita Jaya yang coba mengandalkan paint area lewat Dior Lowhorn tidak mampu membendung gelontoran poin demi poin yang diciptakan oleh para pemain West Bandits.

Namun, situasi secara mengejutkan berbalik drastis di paruh kedua.

Di empat menit pertama kuarter ketiga, Pelita Jaya mampu mencetak 12 poin beruntun. Sebaliknya, West Bandits baru mampu mencetak poin pertama mereka di kuarter ini setelah momen tersebut.

Hasilnya, Pelita Jaya mampu membalikkan skor menjadi 56-55 bagi keunggulan mereka. Artinya, di kuarter ketiga ini, mereka mampu menang hingga 24-6.

Kecemerlangan Pelita Jaya tersebut berlanjut di kuarter keempat. Mereka bahkan bisa unggul dua digit, 75-62, di dua menit terakhir.

West Bandits yang terkejut tidak mampu pulih dari situasi ini. Pertandingan pun akhirnya ditutup dengan skor 80-71 bagi keunggulan Pelita Jaya.

Kedua tim akan kembali bertemu pada Minggu. Dengan sistem best of three, laga besok jelas akan menjadi partai hidup mati bagi West Bandits jika masih ingin menjaga asa menuju final.