MSPORTS – Prawira Bandung berhasil lolos ke semifinal Indonesian Basketball League (IBL) 2022 setelah mengalahkan Dewa United Surbaya dengan skor 69-65, di GOR C-Tra Arena, Bandung, Selasa (17/8/2022).

Hasil ini didapat tim yang dilatih oleh David Reynard Singleton tersebut lewat perjuangan yang luar biasa. Pasalnya, bisa dibilang, mereka tampil cukup mengecewakan di tiga kuarter awal.

Di awal-awal kuarter pertama saja, mereka sempat tertinggal hingga 0-8. Dewa United Surabaya pun akhirnya menang di kuarter ini dengan 20-11.

Di awal-awal kuarter kedua, Prawira mencoba memaksimalkan permainan di paint area. Meski eksekusi akhirnya masih meleset, tetapi mereka mampu mendapatkan free throw lewat skema tersebut. Mereka mampu memangkas jarak menjadi lima poin saja lewat tiga free throw dari tiga pemain yang berbeda.

Dewa United Surabaya merespon keadaan tersebut dengan positif. Mereka berhasil kembali menjauh setelah Jamarr Johnson melepaskan dua tembakan tiga poin secara beruntun.

Di akhir kuarter kedua, Kenneth Jamal Wormley menyuntikkan semangat tambahan kepada seluruh rekan setimnya. Ia berhasil melakukan steal dan mengakhirinya dengan dunk.

Di awal-awal kuarter ketiga, giliran Yudha Saputera yang mengangkat moral rekan setimnya. Ia mencetak lima poin beruntun dari hasil lay up yang diawali dari melakukan steal serta tembakan tiga angka.

Aksi tersebut dibalas oleh Ferdian yang juga sukses mengesekusi tembakan tiga poin dan membuat Dewa United Surabaya kembali menjauh 34-43.

Dewa United Surabaya kembali mengambil alih permainan karena mampu menang di kuarter ketiga dengan skor tipis, 17-16. Mereka pun masih memimpin dengan 47-39.

Perjuangan keras para pemain Prawira akhirnya terbayarkan pada kuarter keempat.

Momen krusial terjadi ketika Wormley mencetak lima poin dari hasil tembakan tiga angka dan dua free throw. Skor pun menjadi sama 57-57. Dewa United Surabaya pun langsung mengambil time out.

Aksi Wormley tersebut juga memantik semangat para pendukung Prawira yang hadir langsung di GOR dan menyanyikan lagu Halo-Halo Bandung.

Dukungan tersebut sangat berpengaruh bagi Prawira karena saat laga kembali dimulai, Yudha berhasil mencuri bola dari Xaverius Prawiro dan mengakhirinya dengan lay up. Itu membuat Prawira unggul pertama kali sepanjang pertandingan, 59-57.

Di momen tersebut, meski tertekan, Dewa United Surabaya masih terus berusaha untuk bertahan di dalam pertandingan. Ferdian melepaskan tembakan tiga angka yang sukses dan membuat skor menjadi kembali imbang, 62-62.

Momen krusial kembali diciptakan oleh Prawira ketika berhasil mencetak lima poin beruntun lewat Yudha dan Reza Guntara. Momen ini benar-benar menambah kepercayaan diri Prawira untuk memenangkan pertandingan.

Namun, harapan Dewa United Surabaya masih terus hidup di waktu yang hanya tinggal tersisa 14 detik setelah Zoran Talley Jr melepaskan jumpt shot. Skor menjadi 67-65 bagi Prawira.

Akhirnya, kemenangan Prawira dipastikan setelah Muhammad Fhirdan Guntara mampu mengesekusi dua free throw yang ia dapat.

Dewa United mencoba melancarkan serangan cepat setelah momen tersebut. Namun, waktu hanya tinggal tersisa lima detik. Ditambah, eksekusi tembakan dari David Vincent Seagers pun meleset.

Hasil ini membuat Prawira Bandung akan menghadapi Satria Muda Pertamin di babak semifinal nanti pada 20—23 Agustus nanti.