MSPORTS – NSH Mountain Gold Timika berhasil menang atas West Bandits Combiphar Solo pada gim kedua Playoffs Indonesian Basketball League 2022, Minggu (14/8), di GOR Citra Arena, Bandung, dengan skor 47-70.

Hasil ini membuat laga playoffs ini dilanjutkan hingga gim ketiga usai NSH Mountain Gold kalah 78-74 di gim pertama.

NSH Mountain Gold langsung tancap gas dari menit pertama. Mereka unggul 0-6 berkat empat poin dari Shavar Tahrel Newkirk dan dua poin dari Ruslan.

Meski West Bandits sempat memangkas jarak hingga satu angka berkat tripoin dari Swint, mereka harus mengakui keunggulan lawan di kuarter pertama dengan skor 11-16.

Kuarter kedua dibuka dengan NSH Mountain Gold yang berhasil menambah keunggulan melalui lay-up dari Michael Edward Glover

Sesaat kemudian, West Bandits membalas dengan dunk cantik dari Bilal Naim Richardson.

Dua serangan cepat NSH Mountain Gold melalui lay-up Ruslan dan tripoin Fachrul Asyam menambah keunggulan menjadi 17-26 dan membuat West Bandits memanggil timeout.

West Bandits beberapa kali gagal melakukan serangan dan terpaksa harus menerima serangan balik cepat yang diselesaikan dengan baik oleh Andre Rorimpandey.

NSH Mountain Gold terus bermain menekan. Michael Edward Glover menutup paruh pertama usai sukses melakukan freethrow memperlebar jarak menjadi 16 angka.

Berada di atas angin dengan selisih angka cukup jauh, memberi NSH Mountain Gold rasa kepercayaan diri dalam menyerang.

Belum tiga menit berjalan, tim asuhan Anthony Garbelotto ini berhasil memperlebar jarak menjadi 21 angka usai tripoin dari Rizky Agung Pranata.

Sameen Ayyub Swint yang bermain apik di gim pertama untuk West Bandits, gagal meraih poin melalui lay-up yang membuat timnya menerima serangan balik cepat yang diselesaikan oleh Hengki Infandi. Tim yang ditukangi Raoul Hadinoto ini pun tertinggal 23 angka.

Tak lama, lay-up  Andre Rorimpandey semakin memperlebar jarak menjadi 24 angka.

Kuarter ketiga diakhiri dengan dua tripoin beruntun. Ketika West Bandits berhasil memangkas jarak melalui tripoin Patrick Nikolas dan disusul oleh tripoin Fachrul Asyam untuk NSH Mountain Gold.

Tertinggal 24 angka memasuki kuarter terakhir, jalan West Bandits semakin berat.

Serangan mereka beberapa kali kandas. Terutama ketika Hengki Infandi melakukan blok ciamik yang disusul dengan selebrasinya.

Selisih angka mencapai 27 poin di pertengahan kuarter pamungkas dan terlihat NSH Mountain Gold akan mampu memaksa laga playoff ini hingga gim ketiga.

Walaupun perbedaan poin semakin jauh, pertandingan malah semakin panas. Tim medis beberapa kali masuk ke lapangan untuk memeriksa pemain yang dilanggar. Puncaknya, terjadi ketika Swint dan Ruslan berselisih di tengah lapangan.

Meski unggul jauh, NSH Mountain Gold tidak mengendurkan serangannya. Mereka masih mampu menjaga keunggulan hingga gim kedua ini berakhir 47-70.

Newkirk dan Glover kembali menjadi pemain terbaik bagi NSH Mountain Gold. Newkirk berhasil meraih 13 poin dan 4 rebound serta 4 asis. Sementara itu Glover memberikan 12 poin, 4 rebound dan 1 asis.

Di sisi lain, Swint memimpin perolehan poin untuk skuad West Bandits. Ia mencetak 12 poin dan 9 rebound - jumlah rebound terbanyak dalam pertandingan ini.

Dengan hasil ini, West Bandits terpaksa memainkan gim ketiga sekaligus penentu yang akan diadakan pada Senin (16/8) sore WIB mendatang.