MSPORTS – Satria Muda Pertamina Jakarta berhasil melenggang ke semi final IBL 2022 usai mengalahkan Amartha Hangtuah Jakarta pada laga gim kedua Playoffs Indonesian Basketball League 2022, Minggu (14/8), di GOR Citra Arena, Bandung, dengan skor 75-82.

Kedua tim saling mengejar angka dalam pertandingan ini.

Amartha Hangtuah yang memulai laga di gim kedua dalam posisi tertinggal usai kalah 86-88 di gim pertama.

Namun tim Kelly Purwanto dkk ini langsung unggul pada paruh pertama kuarter pembuka berkat dua tripoin dari Kelly sendiri.

Amartha Hangtuah pun berhasil menjaga keunggulan mereka berkat poin dari Gunawan dan Ronnie Lee Boyce Iii. Kuarter pertama berakhir dengan skor 18-14 untuk tim yang dilatih Antonius Rinaldo ini.

Namun pada kuarter selanjutnya, Satria Muda tak tinggal diam.

Tripoin dari Muhammad Rizal Falconi dan lay-up Brachon Lanalt Griffin berhasil membalikkan keadaan menjadi satu angka.

Pertandingan masih sengit di kuarter kedua ini saat Amartha Hangtuah yang sempat kembali unggul empat angka, perolehan poin kembali disamakan oleh pasukan Satria Muda yang dilatih Youbel Sondakh ini.

Kemudian kedua tim saling mengejar angka dan poin tak pernah lebih dari selisih dua angka.

Namun tembakan Elijah Johad Foster dan tripoin dari Hardianus Lakudu berhasil membuat Satria Muda unggul lima angka.

Paruh pertama pertandingan ditutup dengan freethrow Kelly yang mampu memangkas jarak Amartha Hangtuah menjadi empat angka dengan skor 33-37.

Paruh kedua dimulai dengan Amartha Hangtuah langsung menyamakan kedudukan usai Gunawan sukses menyematkan tripoinnya. Ronnie Boyce lalu mendapatkan steal dan diakhiri dengan lay-up dan cepat untuk membalikkan keadaan.

Fisyaiful Amir lalu mencetak trippin disusul dengan serangan cepat berkat steal dari Kelly yang kemudian memberi asis melalui serangan cepat kepada Fisyaiful.

Tertinggal 9 angka, Satria Muda pun meminta timeout. Namun Amartha Hangtuah mampu menjaga momentum mereka.

Boyce yang pada pertandingan ini total mencetak 19 angka - terbanyak untuk skuad Amartha Hangtuah, berhasil melesakkan 9 angka pada kuarter ketiga untuk membawa timnya unggul 11 angka.

Kemudian pada paruh akhir kuarter ketiga, keadaan berbalik ketika tripoin dari Juan Laurent Kokodiputra berhasil memangkas jarak bagi Satria Muda menjadi lima angka.

Lalu disusul dengan serangan cepat yang diakhiri dunk apik oleh Elijah Johad Foster.

Kuarter ketiga ditutup dengan lay-up Arki Dikania Wisnu yang membuat selisih poin menjadi dua angka memasuki kuarter pamungkas.

Foster menggila di kuarter akhir ketika mencetak delapan angka di lima menit pertama yang membuat Satria Muda unggul lima angka.

Satria Muda bahkan sempat unggul 10 angka hingga satu menit terakhir pertandingan.

Tripoin Stefan Carsera mencetak tripoin menuju akhir pertandingan. Namun setelah itu Amartha Gading hanya mampu menambah satu poin lagi hingga pertandingan berakhir dan terpaksa gugur di babak playoffs ini dengan kekalahan 75-82.

Foster menjadi pemain terbaik pada pertandingan ini yang mencetak double double dengan 21 angka dan 11 rebound.

Pada partai semi final, Satria Muda akan menghadapi pemenang partai antara Prawira Bandung dan dan Dewa United.