MSPORTS – Juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir, dipastikan absen di sisa gelaran MotoGP Aragon yang diadakan pada 16 hingga 18 September mendatang.

Pembalap Suzuki ini terpaksa absen di MotoGP San Marino lalu pasca kecelakaan pada lap pembuka di tikungan 4 MotoGP Austria.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut, pembalap berusia 25 tahun ini menderita cedera parah di pergelangan kaki kanannya.

Mir telah diperintahkan untuk beristirahat selama dua pekan dan membuatnya absen di Misano lalu. Kursi kosong di Suzuki kemudian diisi  oleh Kazuki Watanabe.

Setelah masa pemulihan, Mir dinyatakan sehat pada Kamis (15/9) usai menjalani pemeriksaan lebih lanjut yang akan dilaksanakan di sirkuit MotorLand Aragón, yang merupakan protokol standar bagi pembalap untuk kembali balapan usai cedera.

Ia kemudian memulai sesi latihan pada Jumat (16/9) dan berada di posisi ke-21 waktu keseluruhan, 1,2 lebih lambat dari Jorge Martin (Pramac) yang mencatatkan waktu tercepat.

Pembalap asal Spanyol ini kemudian mengaku dirinya ragu akan meneruskan partisipasinya.

Setelah berada di posisi 18 pada FP3, Sabtu (17/9) waktu setempat, Mir memilih mengundurkan diri dari sisa gelaran MotoGP Aragon dan tidak akan ikut serta di sirkuit Motegi pada MotoGP Jepang mendatang.

“Joan telah mengundurkan diri dari GP Aragon setelah kesulitan dengan rasa sakit pada pergelangan kakinya yang cedera,” tulis Suzuki dalam rilisnya.

“Dia juga akan absen di GP Jepang mendatang. Kami tahu keputusan ini tidak mudah, dan kami berharap ia lekas sembuh.”

Mir kemudian menjelaskan kondisinya setelah sesi FP3 soal cederanya.

“Saya tidak bisa mengendarai motor dengan baik, kaki saya bergetar dan membuat saya terus menekan rem, itu yang ditunjukan data dan itu tidak mengizinkan saya mengendarai dengan benar,” kata Mir kepada Motorsport.com.

Mir kini berada di posisi 13 klasemen sementara musim ini pada musim terakhir Suzuki di MotoGP, dengan torehan 77 angka. Musim ini bukan musim terbaiknya setelah gagal meraih hasil podium.

Dalam 14 balapan yang dilakoni musim ini, ia enam kali terpaksa retired. Namun di sisa balapan di mana ia berhasil menemukan garis finish, ia selalu berhasil berada di posisi delapan besar.

Musim depan Mir akan bertandem dengan Marc Marquez tim pabrikan Honda, menggantikan Pol Espargaro yang pindah ke tim pabrikan GasGas.