MSPORTS – Juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir, dipastikan akan kembali di MotoGP Aragon yang akan diadakan pada 16 hingga 18 September mendatang.

Pembalap Suzuki ini terpaksa absen di MotoGP San Marino pasca kecelakaan pada lap pembuka di tikungan 4 MotoGP Austria lalu.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut, pembalap berusia 25 tahun ini menderita cedera parah di pergelangan kaki kanannya.

Mir telah diperintahkan untuk beristirahat selama dua pekan dan membuatnya absen di Misano lalu. Kursi kosong di Suzuki kemudian diisi  oleh Kazuki Watanabe.

Setelah masa pemulihan dan berkonsultasi dengan Dokter Juan Garcías, Mir merasa siap untuk menjajal motornya kembali.


“Saya sangat senang bisa datang ke Aragon, tidak mudah untuk melewatkan balapan dan menonton TV di rumah,” kata Mir, dikutip dari situs resmi MotoGP.

“Akhirnya, saya telah pulih dengan baik dari cedera pergelangan kaki saya, dan saya kira kebugaran saya akan berada pada sekitar 90 persen akhir pekan ini. Tidak buruk.”

Namun Mir harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut yang akan dilaksanakan di sirkuit MotorLand Aragón mendatang, yang merupakan protokol standar bagi pembalap untuk kembali balapan usai cedera. Namun Mir yakin kondisinya akan bugar sebelum balapan nanti.

“Saya sudah bisa mencoba mengendarai motor sedikit dan memeriksa rasanya, dan meskipun masih ada rasa sakit sekarang, saya pikir saat Jumat saya akan lebih baik,” lanjut Mir.

“Saya bisa menopang berat badan di pergelangan kaki, tapi sudah jelas mengendarai motor MotoGP sedikit berbeda. Bagaimanapun, saya akan berjuang dan memberikan yang terbaik.”

Mir kini berada di posisi 12 klasemen sementara musim ini pada musim terakhir Suzuki di MotoGP, dengan torehan 77 angka. Musim ini bukan musim terbaiknya setelah gagal meraih hasil podium.

Dalam 13 balapan yang dilakoni musim ini, ia enam kali terpaksa retired. Namun di sisa balapan di mana ia berhasil menemukan garis finish, ia selalu berhasil berada di posisi delapan besar.

Musim depan Mir akan bertandem dengan Marc Marquez tim pabrikan Honda, menggantikan Pol Espargaro yang pindah ke tim pabrikan GasGas.