MSPORTS – Jose Gaya batal memperkuat Tim Nasional Spanyol di Piala Dunia Qatar 2022. Pada Jumat (18/11/2022), mereka mengonfirmasi untuk memulangkannya karena cedera.

Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan di situs resminya, keputusan itu diambil setelah mereka menganalisis kondisi bek kiri tersebut secara menyeluruh. Hasilnya, pelatih Spanyol, Luis Enrique, mengambil keputusan di atas.

Sebagai catatan, cedera yang diderita oleh Gaya sendiri terjadi pada Rabu (16/11/2022) dalam sebuah sesi latihan di Amman, Yordania.

Dari hasil pemindaian Magnetic Resonance Imaging (MRI), pemain berusia 27 tahun itu disebut mengalami gangguan di ankle kanannya. Gaya pun disebut akan langsung dipulangkan ke Spanyol.

Enrique menyebut bahwa kehilangan Gaya adalah kabar terburuk sejak pemusatan latihan untuk Piala Dunia Qatar 2022 dimulai.

Sebagai gantinya, Enrique pun memanggil pemain muda milik Barcelona, Alejandro Balde. Pemain berusia 19 tahun itu juga memang berposisi bek kiri.

Pada musim ini, Balde memang tampil cukup rutin bersama Blaugrana meski tidak selalu sebagai pemain utama. Tercatat, ia telah bermain 16 kali dengan sumbangan 3 assist.

Ini merupakan panggilan pertama Balde ke timnas senior Spanyol. Bahkan, ketika mendapat panggilan ini, ia tengah bersama tim U-21 yang akan menghadapi Jepang.