MSPORTS – Juara Formula 2 musim ini, Felipe Drugovich, resmi bergabung dengan Aston Martin sebagai pembalap cadangan dan anggota dari pembalap junior mereka.

Drugovich berhasil memastikan gelar di Formula 2 musim ini di GP Italia, Sabtu (10/9) lalu dengan tiga balapan tersisa.

Seperti yang diumumkan Aston Martin pada Senin (12/9), pembalap yang membawa bendera Brazil ini bergabung dengan program pembalap muda mereka dan akan menjalani debutnya di FP1 GP Abu Dhabi di akhir musim.

Selain itu, Drugovich juga akan menjajal mobil Formula 1 di sesi tes pasca berakhirnya musim ini, juga menjajal mobil 2021 di tahun depan.

Pembalap berusia 22 tahun ini  juga akan menghadiri beberapa balapan untuk mendampingi pembalap utama Aston Martin musim depan, Fernando Alonso dan Lance Stroll.

“Menjadi anggota AMF1 Program Pengembangan Pembalap adalah kesempatan yang fantastis untuk saya, dan menambah tahun 2022 yang sudah menjadi tahun yang sukses dan menyenangkan,” kata Drugovich, dikutip dari situs resmi Aston Martin F1.

“Menjuarai Formula 2 telah dianggap sebagai cara terbaik untuk berkarier di Formula 1, dan saya melihat peran saya di AMF1 memberikan bantuan untuk ke langkap kurisal selanjutnya.”

“Bagi saya, 2023 akan menjadi tahun pembelajaran saya, saya akan bekerja dengan tim F1, tapi tujuan utama saya adalah berkembang sebagai pembalap. Saya harap itu akan bisa memberikan saya kesempatan balapan di Formula 1 di masa depan,”

Drugovich menjadi bagian dari pembalap cadangan Aston Martin bersama Nico Hulkenberg, yang menggantikan Sebastian Vettel di dua balapan pertama musim ini. 

Hulkenberg juga digadang-gadangkan akan kembali ke Formula 1 bersama Haas tahun depan.

“Felipe telah menunjukkan bakat luar biasa, determinasi, dan konsistensi untuk menang di FIA Formula 2 Championship tahun ini,” kata tim prinsipal Aston Martin, Mike Krack.

“Terutama saya ingat balapan fantastis di sprint dan feature race di Barcelona pada bulan Mei, yang sangat impresif.”

“Kami senang dia bergabung bersama kami sebagai anggota dari Program Pengembangan Pembalap, dan kami menantikan untuk menyambutnya sebagai bagian dari tim kami di Abu Dhabi pada November ini.”