MSPORTS – Carlos Alcaraz berhasil menjuarai US Open setelah mengalahkan Casper Ruud dengan skor 6-4, 2-6, 7-6, dan 6-3, Senin (12/9/2022) dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, pemain berusia 19 tahun asal Spanyol tersebut pun membuat banyak rekor. Satu yang paling terpenting adalah ini merupakan gelar Grand Slam pertama dalam kariernya.

Per Senin ini, Alcaraz pun akan mengisi peringkat satu pemain pria dunia. Dengan usianya tersebut, ia pun menjadi pemain termuda yang pernah menempati posisi tersebut.

Tidak hanya itu, usia tersebut juga membuat Alcaraz menjadi pemain termuda yang pernah menjuarai ajang Grand Slam, memecahkan rekor yang dipegang seniornya, Rafael Nadal, ketika menjuarai Rolland Garros pada 2005 di usia yang sama.

Sementara untuk US Open sendiri, Alcaraz menjadi juara termuda dengan memecahkan rekor yang dipegang oleh Pete Sampras yang juga berusia 19 tahun ketika menjadi juara pada 1990.

“Itu gila untuk saya. Saya tidak pernah berpikir saya akan meraih sesuatu seperti itu di usia 19 tahun,” ungkap Alcaraz soal rekor-rekor menakjubkannya tersebut.

“Ini merupakan sesuatu yang saya mimpikan sejak kecil. Untuk menjadi nomor satu dunia, menjadi juara Grand Slam merupakan sesuatu yang sangat saya perjuangkan,” ucap Alcaraz seusai laga.

“Ini sesuatu yang berusaha saya raih. Seluruh kerja keras yang telah saya lakukan dengan tim serta keluarga saya. Saya baru berusia 19 tahun. Seluruh keputusan berat dengan orang tua serta tim saya. Ini sesuatu yang sangat istimewa untuk saya,” tegas Alcaraz.