MSPORTS – Jurgen Klopp memberi kritik keras terhadap jadwal Piala Dunia 2022 yang akan diadakan di Qatar pada November mendatang. Pelatih Liverpool ini juga beranggapan kesehatan para pemain tidak menjadi prioritas oleh asosiasi sepak bola.

Klopp mengungkapkan hal ini dalam konferensi pers menjelang laga perdana the Reds di Premier League musim 2022-23 melawan Fulham, Sabtu (6/8) dini hari WIB.

Pelatih asal Jerman ini mendesak asosiasi sepak bola dunia bekerja sama untuk mengutamakan kepentingan para pemain.

Jadwal Piala Dunia kali ini diadakan di waktu yang berbeda dari biasanya yang digelar pada musim panas saat sebagian besar liga-liga di dunia telah berakhir.

Karena Piala Dunia kali ini berjalan di tengah-tengah musim berjalan, sebagian besar liga akan dihentikan pada akhir pekan 12 November mendatang.

Piala Dunia sendiri akan dimulai pada 21 November dan final digelar pada 18 Desember, hanya delapan hari sebelum dilanjutkannya Premier League pada 26 Desember.

“Jika Anda ke final Piala Dunia, perebutan tempat ketiga juga, Anda sudah cukup sibuk. Saya tidak marah ketika saya datang tapi ketika saya membicarakannya sekarang, saya jadi marah,” kata Klopp.

“Masalahnya adalah semua orang tahu ini (kalender sepak bola) tidak tepat tapi tidak ada orang yang membicarakannya. Sesuatu harus berubah.”

“FIFA, UEFA, FA, dan PL, mohon semuanya bicara. Satu pertemuan bersama di mana topiknya adalah bagian terpenting dari olahraga ini: para pemain!”

“Piala Dunia ini terjadi di waktu yang salah karena alasan yang salah.”

Klopp juga mendiskusikan laga perdananya di musim ini melawan Fulham yang baru promosi ke Premier League.

“Fulham bermain sangat bagus musim lalu. Mendapatkan promosi dengan bermain ‘sepak bola’ adalah salah satu hal tersulit di divisi Championship. Saya hormat. Tim yang sangat bagus. Fábio (Carvalho, pemain baru Liverpool dari Fulham) adalah pemain penting bagi mereka. Harry Wilson juga,” ujar Klopp.