MSPORTS – Kejutan kembali terjadi di Australian Open 2023. Unggulan nomor dua, Casper Ruud, gugur di babak kedua setelah kalah dari Jenson Brooksby, Kamis (19/1/2023).

Pemain asal Norwegia tersebut menyerah dari lawannya yang berasal dari Amerika Serikat dengan skor 3-6, 5-7, 7-6, dan 2-6.

Seperti diketahui, sehari sebelumnya, Rafael Nadal yang merupakan juara bertahan sekaligus unggulan nomor satu takluk pula dari pemain asal negeri Paman Sam lain, McKenzie McDonald.

DIlansir dari akun Twitter ITF Media, ini pun menjadi kali pertama sejak edisi 2002 di mana unggulan nomor satu dan dua di sektor tunggal putra di kompetisi Grand Slam ini gugur sebelum babak ketiga.

Hasil ini semakin membanggakan bagi Brooksby yang saat ini berusia 22 tahun dan berperingkat 39 dunia karena merupakan keikutsertaan pertamanya di Australian Open.

“Saya sangat percaya diri dengan level saya dan hanya ingin bersenag-senang bertarung di luar sana. Saya sangat bangga dengan mental saya karena setelah set ketiga tidak berakhir untuk saya tetapi mampu membalikkannya,” ungkapnya dikutip situs ATP.

Pertarungan ini pun diapresiasi sendiri oleh Ruud. Ia bahkan menyebut bahwa mulai saat ini, pertandingan melawan Brooksby akan berjalan berat selama beberapa tahun ke depan.

“Ini pertandingan yang berat untuk saya dan saya tahu mungkin akan berjalan seperti itu untuk beberapa tahun,” kata Ruud.

“Saya akan mencoba untuk belajar dari kekalahan ini. Saya pikir, dia bermain hebat hari ini. Dia sama sekali tidak membuat banyak kesalahan,” sambung pemain berusia 24 tahun itu.

“Saya tidak merasa bermain buruk atau tidak berada di level yang seharusnya saya mainkan. Hanya, dia memenangi begitu banyak rally panjang dan memiliki setiap jawaban yang saya tanyakan,” pungkas Ruud.

Untuk Brooksby sendiri, di babak selanjutnya, dia akan melawan sekompatriotnya, Tommy Paul, yang mengalahkan Alejandro Davidovich Fokina.