MSPORTS – Los Angeles Lakers akhirnya mengumumkan secara resmi Davin Ham sebagai pelatih baru mereka pada Jumat (3/6/22). Ia diikat denga kontrak multi-year.

Pengumuman ini memang tidak terlalu mengejutkan mengingat rumornya yang telah berkembang beberapa waktu belakangan.

Ham menggantikan Frank Vogel yang dipecat karena gagal membawa Lakers melaju ke play-off pada musim ini.

Ham sendiri bukan sosok asing bagi Lakers. Ia pernah menjadi asisten pelatih di Lakers pada 2011 hingga 2013. Setelah itu, ia kemudian hengkang ke Atlanta Hawks dan bertahan di sana hingga 2018.

Pada 2018, Ham yang berusia 48 tahun pindah ke Milwaukee Bucks dengan posisi yang sama dan berhasil membantu mereka menjadi juara pada 2021 lalu.

“Ketika seseorang memulai karir kepelatihannya di level G League dan melaju hingga memainkan peran integral di bangku cadangan tim juara NBA, itu menandakan karakter yang kuat,” kata Rob Pelinka, Wakil Presiden Lakers.

“Para pemain dan pendukung kami akan langsung mengidentifikasi pendekatan kerja keras Darvin yang tanpa omong kosong yang mana akan membawa kekuatan dan sisi kompetitif dalam semua hal yang kami lakukan,” tambahnya.

“Jika anda tambahkan hal tersebut ke dalam pemahamannya dan pengetahuan mendalamnya soal permainan, kami memiliki pelatih ideal untuk babak selanjutnya dalam sejarah Lakers,” lanjut Pelinka.

“Kami tidak bisa lebih terhormat dan bangga untuk mengumumkan Darvin Ham sebagai pelatih kepala baru kami,” pungkas Pelinka.