MSPORTS – Sebastian Vettel telah mengumumkan pensiun dari Formula 1 pada akhir musim, dari olahraga yang membesarkan namanya menjadi juara dunia empat kali bersama Red Bull. Namun teman dan rivalnya di lintasan, Lewis Hamilton, yakin pembalap Jerman tersebut akan kembali ke grid.

Vettel mengawali kariernya bersama BMW Sauber, sebelum pindah ke Toro Rosso dan menjadi juara Grand Prix untuk pertama kalinya di Monza.

Ia kemudian naik kelas ke tim Red Bull dan meraih juara dunia empat kali secara beruntun dari 2010 hingga 2013.

Setelah hijrah ke Ferrari dan gagal menambah gelar juaranya, ia mengakhiri karier gemilangnya bersama Aston Martin.

Pada jumpa pers menjelang GP Abu Dhabi pada Kamis (17/11) lalu, Hamilton yakin bahwa pembalap 35 tahun ini suatu saat akan kembali ke grid,

“Saya hanya duduk di sini dan berpikir kebanyakan pembalap kembali lagi, dia akan kembali,” kata Hamilton, dikutip dari Motorsport.com.

“Anda (Vettel) mungkin akan kembali. Kita lihat banyak pembalap yang kembali. Jadi, saya sini seakan-akan menerimanya, iya, ini balapan terakhir Anda tapi Anda akan kembali.”

“Formula 1 memiliki cara untuk membawa Anda kembali, kita sudah light dari banyak pembalap lain.”

Memang banyak pembalap lain yang keluar dari F1, meski tidak mengumumkan akan pensiun, kemudian kembali ke grid.

Mulai dari Kimi Raikkonen yang keluar dari F1 pada 2009, ia kembali dua tahun berikutnya setelah mencicipi balap rally.

Kemudian Fernando Alonso yang juga hengkang dari F1 pada akhir musim 2018 dan kembali lagi pada 2021. Pembalap asal Spanyol tersebut mencicipi balap IndyCar dan sukses di 24 Hours of Le Mans.

Terakhir, Kevin Magnussen dan Nico Hulkenberg kembali dan menjadi rekan setim di Haas F1 untuk musim depan.

Vettel sendiri tidak menutup peluang untuk menjadi pembalap di seri lain namun ia ingin mengambil waktu luang untuk menjauh dari olahraga balap untuk sementara waktu.

“Saya pikir normalnya Anda melihat hal lain, saya masih tidak tahu jawabannya,” ujar Vettel.

“Saya cukup menantikan tidak melakukan apa-apa pada awalnya, kemudian melihat yang terjadi kepada saya. Banyak hal lain di kepala saya, minat lain, ide di luar balapan.”

“Tapi, tentu saja saya sudah melakukan pekerjaan ini sejak lama dan ini menjadi pusat dari hidup saya. Jadi, akan sulit untuk tidak merindukannya, tapi seberapa banyak dan apakah saya akan mencari hal lain, kita akan lihat bagaimana nantinya.”

“Entah kenapa, saya suka rally, tapi saya bisa lihat itu tantangan yang besar, karena itu sangat berbeda dari apa yang kita lakukan seperti balapan klasik di sirkuit.”

Jika Vettel tidak kembali ke F1, ia akan menutup kariernya yang dimulai pada 2007 lalu yang sudah tampil dalam 300 balapan, juara Grand Prix 53 kali, 122 podium, dan empat kali juara dunia.