MSPORTS – Sesi latihan tim nasional Spanyol sekilas mungkin tidak terlihat berbeda. Namun ada satu teknologi mutakhir yang digunakan oleh sang pelatih, Luis Enrique, dalam sesi latihan kali ini untuk mempersiapkan timnya di Nations League mendatang.

Enrique memang senang berinovasi dengan metode latihannya. Sebelumnya ia pernah membangun sebuah menara di pinggir lapangan untuk memantau anak asuhnya latihan dari ketinggian.

Mantan pelatih Barcelona ini juga pernah memasang layar besar di sisi lapangan agar ia bisa langsung menganalisa sesi latihan secara cepat dan detail saat latihan.

Pada Rabu (21/9) malam dini hari WIB lalu, tim nasional Spanyol meluncurkan sebuah video yang memamerkan inovasi terbaru Enrique di sesi latihan ini.

Pelatih berusia 52 tahun ini memiliki radio yang ia gunakan dan tersambung dengan Global Positioning System (GPS) dan radio yang juga terpasang dalam rompi para pemain.

Hal ini membuat Enrique bisa berkomunikasi secara langsung dengan para pemainnya saat latihan, bahkan saat ia jauh berada di atas menaranya.

Seperti yang dilihat dalam video tersebut, ia memberi instruksi kepada para pemainnya secara langsung.

Inovasi ini tentu menguntungkan sang pelatih yang tidak harus berterian untuk memberikan instruksi kepada para pemainnya dan mengontrol latihan secara lebih ketat.

Timnas Spanyol yang dijuluki La Roja ini akan menjamu Swiss pada Minggu (25/9) dini hari mendatang, dan bertamu ke kandang Portugal pada Rabu (28/9) dini hari di Nations League.