MSPORTS – Kota Madrid telah mengungkapkan ketertarikannya untuk menjadi tuan rumah balapan Formula 1.

Barcelona kini satu-satunya kota di Spanyol yang menjadi tuan rumah balapan jet darat tersebut. GP Spanyol digelar di Circuit de Barcelona-Catalunya dan memiliki kontrak dengan F1 hingga 2026.

Namun Madrid tak mau kalah dan menteri kabinet Kota Madrid, Enrique Lopez, telah menulis surat resmi kepada CEO F1, Stefano Domenicali, guna mengungkapkan ketertarikannya menjadi tuan rumah F1.

"Dengan senang hati saya menuliskan surat kepada Anda mewakili pemerintahan Kota Madrid untuk menyatakan minat kami dalam menyelenggarakan Formula 1 Grand Prix di Madrid," tulis Lopez, dikutip dari Reuters.

"Saya yakin dengan mengadakan ajang balap di Madrid, yang merupakan salah satu fenomena olahraga paling menarik di zaman kita, akan sukses untuk semua profesional, institusi, dan perusahaan yang tergabung dalam pengembangan Formula 1.

"Tentu saja, akan menjadi kepuasan untuk seluruh wilayah dan warganya. Itulah kenapa Pemerintahan Kota Madrid memiliki ketertarikan yang sangat besar untuk mewujudkannya.

"Singkatnya, saya ingin mengonfirmasi komitmen kami kepada Anda dengan proyek ini, juga dengan kesediaan kami menyetujui perjanjian yang sesuai untuk mempromosikan balapan dan menawarkan tontonan olahraga dan hiburan yang hebat.

"Kami siap untuk bekerja dengan Anda dan tim Anda untuk membawa Formula 1 ke Madrid."

Ketertarikan ini timbul setelah terdapat masalah di GP Spanyol lalu saat F1 menegur penyelenggara di Barcelona yang tidak sanggup mengatasi masalah kemacetan di sekitar sirkuit.

Madrid sebelumnya pernah sembilan kali menggelar balapan F1. Terakhir sirkuit Jarama menggelar balapan pada 1981 namun sirkuit tersebut kini tidak mencapai standar yang ditetapkan F1 dan memerlukan perombakan besar agar bisa kembali mengadakan balapan.

Tahun lalu pemerintah lokal Morata de Tajuna, sebuah wilayah 36 km dari pusat kota Madrid, mengonfirmasi akan membangun sirkuit dengan status Grade A untuk mengadakan balapan MotoGP dan F1.

Musim ini terdapat 23 balapan dan banyak ketertarikan dari kota-kota besar di dunia untuk menggelar balapan F1. Musim ini Miami menjalani debutnya. Afrika Selatan, Qatar, dan Las Vegas akan menjadi lokasi baru di balapan musim depan.