MSPORTS – Jerman harus merelakan gelar juara Piala Eropa Wanita 2022 setelah ditekuk oleh Inggris dengan skor 2-1 dalam pertandingan yang berlangsung hingga babak tambahan waktu di Stadion Wembley, Minggu (31/7/22).

Kekalahan tersebut tentu sangat disesalkan oleh seluruh anggota tim dan pendukung Jerman, tidak terkecuali pelatih mereka, Martina Voss-Tecklenburg.

Namun, wanita berusia 54 tahun ini juga melihat satu hal positif dari kompetisi ini. Ia berharap bahwa momentum yang ada bisa meningkatkan perkembangan sepak bola wanita, baik di Jerman maupun negara lain.

"Kami memiliki harapan bahwa kami telah memulai sesuatu di sini. Kami akan meneruskannya. Kami akan mengerjakan apa yang perlu dilakukan,” ungkapnya di lansir dari DW.

“Kami harap atensi yang kami membuat anak-anak perempuan ingin bermain sepak bola. Jadi, struktur tersebut berubah. Respek dan respon terhadap sepak bola kami (perempuan) berubah,” tegasnya.

“Masih banyak hal yang perlu dilakukan. Namun, begitu juga sebelumnya. Kami hanya ingin menggunakan momen ini untuk memberi tekanan lebih,” pungkasnya.

Ya, sepak bola wanita kini memang tengah mendapat atensi yang lebih. Dalam laga final ini saja, tercatat ada 87.192 orang yang hadir di stadion.

Jumlah tersebut memecahkan rekor pertandingan dengan penonton terbanyak di kompetisi Piala Eropa, baik pria maupun wanita.