MGOALINDO – Roberto Martinez mengatakan generasi emas pemain Belgia harus lebih dihargai, bahkan jika mereka tidak memenangkan trofi.

Berbicara menjelang putaran final kualifikasi Eropa untuk Piala Dunia Qatar 2022, Martinez menegaskan tim Belgianya telah membuktikan betapa bagusnya mereka dengan secara konsisten menjadi tim peringkat nomor satu oleh FIFA.

Belgia akan memastikan lolos ke Qatar jika mereka mengalahkan Estonia di kandang, atau jika Wales gagal mengalahkan Belarus di Cardiff pada hari yang sama.

Berbicara kepada HLN, ketika ditanya tentang kurangnya trofi, mantan manajer Wigan Athletic dan Everton itu mengatakan: "Generasi ini telah mengubah sepakbola Belgia selamanya. Mereka memiliki dua belas bulan hingga turnamen berikutnya.”

“Saya pikir kita harus lebih terikat pada generasi ini. Apa yang diberikan generasi ini kepada kita adalah unik di sepakbola Belgia, dan apa pun yang terjadi, generasi dengan trofi atau tidak, tidak akan mengubah apa yang telah dilakukan generasi ini.”

“Anda tidak akan pernah menemukan, atau akan sangat sulit untuk menemukan, generasi dengan delapan atau sembilan pemain dengan lebih dari 100 caps yang mempertahankan peringkat nomor satu mereka untuk waktu yang lama, yang telah mengambil komitmen seperti itu untuk tim nasional.”

“Saat ini, mereka tidak membutuhkannya. Mereka dapat dengan mudah berkonsentrasi pada karir mereka di level klub, tetapi cara mereka ingin mengembangkan generasi berikutnya, generasi ini melangkah lebih jauh dari sekadar ingin memiliki trofi.”

"Saya pikir mereka mengajari kami bahwa kami dapat menantang untuk mendapatkan gelar, kami dapat menantang tim nasional terbaik di dunia, dan itu bagi saya lebih penting karena itu akan berpengaruh di masa depan.”