MSPORTS – Pebisnis asal Amerika Serikat, Mat Ishbia, akan segera menjadi pemilik resmi dari Phoenix Suns serta Phoenix Mercury.

Itu setelah kedua pihak diumumkan mencapai kesepakatan secara prinsip pada Selasa (20/12/2022). Kini, proses ini pun tinggal menunggu beberapa pekan untuk tuntas.

Kedua pihak mencapai harga di angka 4 miliar dolar Amerika Serikat. Jumlah tersebut menjadikan kesepakatan ini menjadi pembelian termahal dalam sejarah NBA.

Phoenix Suns serta Phoenix Mercury sendiri dijual oleh pemilik sebelumnya, Robert Sarver, karena dirinya yang mendapat hukuman denda 10 juta dolar Amerika Serikat serta larangan terlibat selama setahun dari NBA akibat tindakan asusila serta rasis.

Ishbia sendiri merupakan chairman, presiden, sekaligus kepala eksekutif dari United Wholesale Mortgage. Menurut Forbes, nilai kekayaannya mencapai 5,1 miliar dolar Amerika Serikat.

Sementara di dunia basket, Ishbia bukanlah sosok yang terlalu asing. Ia adalah mantan pemain Michigan State yang menjadi juara National Collegiate Athletico Association (NCAA) pada 2000.

“Saya sangatlah bergairah untuk menjadi pemimpin dari Phoenix Suns serta Mercury. Kedua tim memiliki basis pendukung yang luar biasa dinamis dan saya suka merasakan pengalaman energi dari Valley dalam beberapa bulan belakang,” ungkap Ishbia.

“Basket adalah inti hidup saya, sejak hari-hari sekolah tinggi sebagai pemain serta kehormatan untuk bermain bagi Coach Izzo dan memenangkan gelar nasional di Michigan State University,” lanjut Ishbia.

“Saya percaya diri bahwa kami bisa membawa level kesuksesan yang sama untuk organisasi hebat ini baik di dalam maupun luar lapangan,” pungkasnya.